Mengulik Apa Itu Airbrush Makeup, Bahan, dan Cara Penggunaannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Airbrush makeup. Shutterstock

Airbrush makeup. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaAda begitu banyak cara yang dapat dilakukan untuk merias wajah. Anda tentu saja dapat menggunakan cara tradisional dengan memakai kuas atau spons untuk mengaplikasikan produk kosmetik favorit Anda. Atau, jika Anda ingin membawa hal-hal ke tingkat berikutnya, Anda bisa menyemprotnya dengan teknik airbrush makeup. Apa itu? Berikut pengertian dan cara pengaplikasiannya beserta perbedaannya dengan makeup pada umumnya. 

Apa Itu Airbrush Makeup?

Menurut Katie Mellinger, penata rias dan mode selebriti, teknik airbrush makeup ini mirip dengan airbrush cat pada kaus. "Airbrush makeup adalah riasan cair yang khusus untuk airbrush dan didorong melalui airbrush spray gun," kata Mellinger dikutip dari Byrdie, pada 26 Juli 2023.

Airbrush makeup umumnya digunakan di televisi dan set film karena sifatnya yang buram dan tahan lama. Ini juga merupakan pilihan yang bagus saat mencoba membuat riasan efek khusus atau tato.

"Airbrush makeup seperti filter Instagram," kata Jamie Greenberg, penata rias selebriti dan pendiri Jamie Makeup Greenberg.

"Ini bagus untuk acara atau pemotretan karena memberikan cakupan yang sempurna dan tahan lama. Selain itu, juga menghaluskan penampilan kulit dan membuat Anda glowing," lanjut Greenberg.

Bahan Airbrush Makeup

Airbrush makeup ada yang berbahan dasar alkohol, air, atau silikon. Setiap jenis aman digunakan pada kulit, namun penata rias biasanya hanya akan mengaplikasikan airbrush makeup berbasis alkohol di area selain wajah. 

Sebab airbrush makeup berbasis alkohol dapat bertahan selama berhari-hari, dan Anda harus menghapusnya dengan alkohol, jadi tidak bagus untuk kulit, menurut Mellinger.

Cara Pengaplikasian Airbrush Makeup

Untuk pengaplikasian yang tepat, gunakan kit seperti Airbrush Kit yang ramah bagi pemula. Mellinger merekomendasikan untuk memegang alat kompresor udara empat hingga enam inci dari wajah. "Jika terlalu dekat, akan berceceran dan tampak bernoda," katanya.

Perbedaan Airbrush Makeup dan Riasan Tradisional

Perbedaan paling mendasar dalam riasan tradisional dan airbrush makeup adalah teknik dan alat yang digunakan. Menurut Greenberg, dengan alat kompresor, lebih mungkin untuk dioleskan secara merata ke kulit.

Perbedaan lain antara kedua metode ini adalah harganya. "Peralatan [airbrush] membutuhkan banyak perawatan, mahal, dan Anda benar-benar perlu memahami cara kerja produk," jelas Mellinger. Sedangkan spons dan kuas kecantikan tersedia di semua jenis harga.

Metode riasan yang memberikan hasil paling tahan lama, menurut Greenberg adalah airbrush makeup. Jadi, perlu diingat airbrush makeup dan riasan tradisional menawarkan dua cara unik untuk merias wajah Anda.

Jika Anda menginginkan penampilan sehari-hari yang alami, menggunakan alat dan produk kecantikan biasa adalah pilihan terbaik. Jika Anda menginginkan hasil akhir yang lebih sempurna, airbrush makeup adalah cara yang tepat. Pada akhirnya, Anda harus mempertimbangkan preferensi riasan Anda dan acara yang Anda persiapkan sebelum memutuskan metode mana yang terbaik untuk Anda.

Pilihan Editor: 4 Tips Aplikasi Teknik Airbrush Makeup untuk Pemula 

AN NISA RISTIANTI | BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."