Mira Lesmana Ungkap Awal Mula Adaptasi Serial Hubungi Agen Gue!: Sangat Menarik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Mira Lesmana sebagai showrunner dalam serial Hubungi Agen Gue! yang tayang Sabtu, 29 Juli 2023. Foto: Disney+ Hotstar

Mira Lesmana sebagai showrunner dalam serial Hubungi Agen Gue! yang tayang Sabtu, 29 Juli 2023. Foto: Disney+ Hotstar

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sineas, Mira Lesmana dan Riri Riza bertindak sebagai showrunners di Hubungi Agen Gue!. Serial enam episode itu merupakan adaptasi dari serial populer Prancis berjudul Dix Pour Cent. Menurut Mira, tawaran adaptasi itu datang di masa pandemi sekitar dua tahun lalu.

"Diawali dari beberapa tahun silam, 2020 atau 2021, pokoknya masih pandemi," ujar Mira Lesmana dalam konferensi pers Hubungi Agen Gue! di Jakarta Pusat, pada Rabu, 26 Juli 2023.

"Kami dihubungi oleh teman-teman kami dari SK Global yang bertanya apakah sudah pernah nonton Call My Agent dan tertarik ga kalau misalnya mau adaptasi," lanjutnya.

Di kala itu, Mira mengaku belum menonton serial tersebut. Jadi, dia memutuskan menonton serial tersebut dalam satu malam. Dan, dia pun terpikat.

"Ternyata saya berhasil binge-ing (nonton maraton) dalam satu malam menyelesaikan satu season (Dix Pour Cent)," jelas istri Mathias Muchus itu.

Selanjutnya, dia berdiskusi dengan Riri Riza untuk mencari formula adaptasi serial tersebut agar cerita dan warna relevan dengan penonton Indonesia.

"Ini sesuatu yang sangat menarik menurut saya dan Riri. Saya obrolin sama Riri, walaupun kata agen ini belum digunakan, tapi menurut kami justru menjadi proses adaptasi yang menarik untuk mungkin mencari bentuknya di Indonesia," jelasnya.

Dalam penulisan cerita, duo sineas itu juga menggandeng tiga penulis senior, yakni Prima Rusdi sebagai kepala penulis alias head writer, Titien Wattimena, dan Tumpal Tampubolon. Setiap episode memiliki cerita berbeda yang menunjukkan lika-liku di balik layar dunia hiburan dari sudut pandang agen yang mewakili klien, kehidupan agensi, hingga aktor dan aktris.

Baca juga: Bintangi Serial Hubungi Agen Gue!, Tara Basro: Episode Aku Lumayan Sangat Emosional

Konferensi pers serial Hubungi Agen Gue! di Jakarta Pusat pada Rabu, 26 Juli 2023. Foto: Disney+ Hotstar

Mira Lesmana Cerita Proses Riset Cerita Hubungi Agen Gue!

Seperti yang diungkapkan di atas, dalam menentukan cerita yang diangkat dalam Hubungi Agen Gue!, Mira Lesmana mengutamakan hal-hal yang terjadi di dunia hiburan Indonesia. Hanya di episode pertama yang mirip dengan Call My Agent.

"Dari enam cerita ini, yang episode pertama agak mirip kasusnya dengan Call My Agent yang pertama, tapi tentunya kita indonesiakan. Tetapi (episode) selanjut-lanjutnya itu, tidak ada hubungannya dengan serial yang kita adaptasi. Benar-benar kita ambil dari Indonesia," ujarnya.

Dalam menentukan cerita setiap epiodenya, Mira mengatakan dia bersama Riri dan tim melakukan riset terlebih dahulu. Setelah ditentukan, kasus tersebut dikembangkan menjadi cerita yang melibatkan aktor atau aktris yang memerankan dirinya sendiri.

"Ada yang kita mulai dari kasusnya dulu, kita mencatat banyak sekali kasus yang betul-betul terjadi. Kadi kita data dulu, ada tema-tema menarik. ada juga yang kita misalnya menemukan artikel dari artis itu sendiri. Oh si artis ini sedang mengalami a, b, c," ujar perempuan 58 tahun itu.

"Kemudian kita bawa ke meja development (diskusi) untuk kita bahas bersama, itu lumayan cukup panjang dan seru," sambungnya.

Setelah topik ditentukan, Mira dan tim akan mencocokkan karakter agen mana yang pas untuk 'dikawinkan' dengan sang aktor agar chemistry mereka kuat.

"Kita harus mencocokkan juga ini cocoknya terjadi untuk agen yang mana. Karena kita harus tetap menyesuaikan dengan para agen ini. Apa yang terjadi di antara mereka, Asa+. Yang kedua, kadang ketika kita sudah menentukan suatu kasus, ketika kita berjalan, bisa jadi berubah. Oke, secara balance (keseimbangan), kita ganti aja deh, mendingan kasus untuk laki-laki, ini untuk perempuan, ini untuk usia segini. Supaya kita punya balance untuk satu season," jelasnya.

Serial Hubungi Agen Gue! bakal tayang eksklusif di Disney+ Hotstar mulai Sabtu, 29 Juli 2023, dengan episode baru yang tayang setiap hari Sabtu.

Pilihan Editor: Curhat Luna Maya Berperan sebagai Diri Sendiri di Serial Hubungi Agen Gue!: Gak Perlu Banyak Observasi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."