Bolehkah Konsumsi Vitamin Prenatal saat Tidak Hamil?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita mengkonsumsi multivitamin. Freepik.com/Ketmangostar

Ilustrasi wanita mengkonsumsi multivitamin. Freepik.com/Ketmangostar

IKLAN

Yang Tidak Boleh Konsumsi Vitamin Prenatal

Alasan terbesar untuk menghindari mengonsumsi vitamin prenatal sebagai suplemen multivitamin atau mineral harian adalah jika Anda memiliki masalah dengan kelebihan zat besi, atau jika praktisi kesehatan Anda meminta Anda untuk menghindari suplemen zat besi, kata Dr. Frick.

Jika ini masalahnya, maka memilih suplemen multivitamin atau mineral harian tanpa zat besi (atau memilih suplemen dengan nutrisi yang ditargetkan untuk tujuan kesehatan pribadi Anda) akan menjadi yang terbaik untuk Anda.

Seperti suplemen apa pun, Anda harus mendiskusikan rencana konsumsi vitamin prenatal dengan dokter Anda sebelum meminumnya untuk memastikan Anda memilih yang tepat dan mendapatkan manfaat terbaik.

“Karena kadar zat besi dalam vitamin prenatal, ini dapat menyebabkan sembelit serta kram perut, sakit perut, dan perubahan gerakan usus,” kata Dr. Shepherd.

Dia menambahkan bahwa penting juga untuk memastikan bahwa vitamin prenatal tidak akan mengganggu obat apa pun yang Anda minum. Misalnya, beberapa obat tekanan darah dan jantung dapat berinteraksi dengan vitamin prenatal, jadi pastikan untuk memeriksa daftar obat dengan dokter kandungan Anda.

Efek samping umum lainnya adalah mual, selain sakit perut atau diare. Jika ingin menghindar dari efek samping, Anda dapat mengonsumsi vitamin prenatal dengan makanan dan juga menggunakan jahe sebelumnya meminumnya. Dan jika Anda kesulitan menelan pil, pertimbangkan vitamin prenatal bergetah (namun perhatikan bahwa sebagian besar permen karet datang tanpa zat besi, jadi pastikan untuk memeriksa bahannya).

Pilihan Editor: Mengenal Jenis Vitamin Prenatal untuk Masa Kehamilan

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."