Bolehkah Konsumsi Vitamin Prenatal saat Tidak Hamil?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita mengkonsumsi multivitamin. Freepik.com/Ketmangostar

Ilustrasi wanita mengkonsumsi multivitamin. Freepik.com/Ketmangostar

IKLAN

Vitamin Prenatal dan Manfaat Asam Folatnya

Hampir semua orang bisa mendapat manfaat dari mengonsumsi multivitamin, tetapi jika Anda ingin menukarnya dengan vitamin prenatal, risikonya kecil. Frick juga mengatakan ini adalah ide yang sangat bagus jika Anda berencana untuk hamil dalam waktu dekat.

“Vitamin prenatal mengandung nutrisi penting untuk kehamilan awal yang sehat,” katanya.

“Faktanya, perkembangan saraf hampir selesai pada saat sebagian besar wanita menyadari bahwa mereka hamil. Karena folat sangat penting untuk perkembangan saraf, sangat penting untuk mencukupi folat sebelum hamil untuk memastikan perkembangan saraf yang sehat," sambungnya.

Jika Anda membutuhkan motivasi tambahan, pertimbangkan dampak potensial pada kesuburan Anda. Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa wanita yang menggunakan asam folat 15 persen lebih mungkin hamil dalam 12 siklus, dan asam folat meningkatkan kemungkinan kehamilan sebesar 36 persen di antara wanita dengan siklus pendek (kurang dari 27 hari).

Asam folat juga memiliki manfaat lain di luar kehamilan. Itu juga telah terbukti mencegah stroke dan penyakit jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa melengkapi vitamin dengan asam folat dapat menyebabkan penurunan empat persen risiko penyakit jantung secara keseluruhan dan penurunan risiko stroke sebesar 10 persen.

Asam folat juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut atau membantu mengatasi kerontokan dan penipisan rambut, dan bahkan direkomendasikan pada manula untuk mencegah penurunan daya ingat.

Bolehkah Konsumsi Vitamin Prenatal saat Menyusui?

Jawaban singkatnya adalah, boleh. Perlu diingat, bagian dari rencana perawatan pascapersalinan harus mencakup memberi makan tubuh Anda dengan makanan kaya nutrisi, dan vitamin prenatal termasuk salah satu komponen. Namun, Mary Jacobson, kepala petugas medis dari platform kesehatan wanita Hello Alpha dan dokter kandungan bersertifikat, mengatakan mengonsumsi vitamin prenatal selama menyusui harus disesuaikan secara individual.

Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter agar dia bisa menyusun rencana pola makan dan suplemen vitamin yang dikonsumsi untuk memastikan bahwa mereka memenuhi kebutuhan harian.

Penting juga untuk konsisten dengan nutrisi dan vitamin yang dikonsumsi tubuh Anda selama kehamilan dan setelahnya. Membuat perubahan secara mendadak dalam asupan vitamin harian bisa menyebabkan masalah atau ketidakseimbangan gizi.

Baca juga: Jangan Lengah, Jaga Kesehatan dengan Konsumsi Vitamin Sesuai Kebutuhan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."