Tren Ecoprint dengan Inspirasi Kimono Melenggang di Jogja Fashion Trend 2023

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Mengusung konsep sustanaiblity fashion, desainer Henni Nugrahaeni hadirkan koleksi ecoprint/Foto: Doc. JFT

Mengusung konsep sustanaiblity fashion, desainer Henni Nugrahaeni hadirkan koleksi ecoprint/Foto: Doc. JFT

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seperti diketahui, belakangan ini tren sustainable fashion atau eco-friendly semakin digandrungi. Tidak hanya masyarakat dunia tetapi juga di Indonesia. Di bidang fashion, bahkan produsen busana international mulai melirik bahan-bahan yang eco-friendly untuk produknya.

Maka tidaklah mengherankan jika banyak sekali muncul ecoprinter/seniman pembuat ecoprint yakni teknik olah kain dengan membuat motif dari dedaunan, bermacam bunga, dan pewarna alam berasal dari kayu, kulit buah, daun, akar dan bagian tumbuhan lain, sehingga hasil karya ecoprint mulai makin banyak dikenal masyarakat luas.

Mengambil kesempatan di ajang Jogja Fashion Trend 2023 yang digelar di Pakuwon Mall Yogyakarta dari 13-16 Juli 2022, sejumlah jenama lokal terpacu untuk menampilkan busana karya para desainernya yakni Econana yang berkolaborasi dengan Bemberg Tekstil dan Henni Nugrahaeni. 

Merujuk istilah, Ecoprint ialah olah kain menggunakan kain serat alami sebagai media, dengan kayu-kayuan, akar, daun, buah sebagai pewarna alami. Motif akan tercipta dari warna dan bentuk alami dari daun, batang, bunga, getah juga bagian tumbuhan lainnya. Ecoprint adalah salah satu solusi kita dalam menjaga bumi. Tanpa pewarna sintetis yang limbahnya terasa cukup berat untuk diterima oleh lingkungan dan ekosistem di dalamnya.

Mengusung konsep sustanaiblity fashion, Econana x bemberg Tekstil hadirkan koleksi ecoprint yang terinspirasi dari kimono/Foto: Doc. Istimewa

Melalui Econana, pecinta mode dimanjakan dengan inspirasi look pakaian kimono dari Jepang. Debanyak delapan look menciptakan dinaminasi warna alam yakni cokelat, hijau, dan kuning. Detail khas kimono berupa layering ditambah obi atau ikat pinggang membuat ecoprint semakin manis dan elegan dikenakan dalam berbagai momen. 

Begitu pula karya Henni yang mengusung semangat sustainable fashion, ia menampilkan delapan modest fashion look dengan dominasi warna alam seperti hijau dan khaki. Garis rancangnya loose dengan ragam outer, long dress, vest, dan layering look. Tak lupa obi yang menyerupai stagen ikat menambah manis para model. 

Pilihan Editor: Tampil di Jogja Fashion Trend 2023, Maha Raya jadi Mahakarya bagi Phillip Iswardono

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."