Jogja Fashion Trend 2023 Membawa Karya Wastra dalam Napas Keberagaman

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
JFT 2023 mengusung tema yaitu Unity in Diversity yang bermakna Yogyakarta sebagai

JFT 2023 mengusung tema yaitu Unity in Diversity yang bermakna Yogyakarta sebagai "The Gate Of Ethnic Fashion Indonesia/Foto: Cantika/Ecka Pramita

IKLAN

CANTIKA.COM, Yogyakarta -  Sebagai wujud kontribusi nyata pengembangan ekonomi kreatif di Yogyakarta, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Grebeg UMKM 2023 dan  menginisiasi event Jogja Fashion Trend 2023 sebagai wadah promosi dan actualisasi para Designer dan pelaku usaha di bidang Fashion. Kegiatan ini  digelar mulai tanggal 11 - 16 Juli 2023 bertempat di Grand Atrium Pakuwon Mall Jogja dengan menghadirkan konsep baru dan tata panggung serta lighting yang spektakuler. 

JFT 2023 mengusung tema yaitu Unity in Diversity yang bermakna Yogyakarta sebagai "The Gate Of Ethnic Fashion Indonesia" merupakan tujuan dan  vocal point dari Jogja Fashion Trend 2023. Inspirasi budaya dan tradisi bisa berasal  dari Jawa, Bali, Papua, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi dan Sumatra.

JFT 2023 mengusung tema yaitu Unity in Diversity yang bermakna Yogyakarta sebagai "The Gate Of Ethnic Fashion Indonesia/Foto: Cantika/Ecka Pramita

Desainer Phillip Iswardono mengatakan dengan menunjukan kekuatan sebagai designer Indonesia dengan koleksi busana ready to wear atau busana siap pakai dengan mengambil inspirasi kebhinekaan budaya Indonesia dan mempromosikan busana etnik dan wastra Indonesia yang terinspirasi keberagaman budaya Indonesia dengan kemasan modern dan kontemporer menuju pasar global. 

"Untuk mewujudkan Jogja sebagai pusat fashion etnik dan sebagai media bagi desainer /UMKM/ brand/ mahasiswa fashion untuk membranding karya mereka agar lebih dikenal oleh masyarakat luas, Mendukung program pemerintah yaitu percepatan pemulihan ekonomi dengan harapan terjadinya transaksi saat acara maupun setelah acara, dan sebagai usaha untuk membawa UMKM naik kelas dengan membranding produk UMKM di acara ini," ucap Phillip yang juga Creative Director ini. 

JFT 2023 mengusung tema yaitu Unity in Diversity yang bermakna Yogyakarta sebagai "The Gate Of Ethnic Fashion Indonesia/Foto: Cantika/Ecka Pramita

Jogja Fashion Trend 2023 diikuti oleh 131 UMKM dan fashion desainer dari berbagai daerah di Indonesia, yang terbagi dalam 13 sesi fashion show. Selain itu di hari terakhir akan ditampilkan 72 koleksi terbaru dari Afif Syakur dan Phillip dalam Exclusive Show. Sebagai koreografer adalah Nyudi Dwijo dari Yogyakarta dan koreografer Jakarta Cicko Bachtiar.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, selain fashion show juga akan dilaksanakan pameran  produk UMKM, Business Matching, Kurasi, Capacity Building, Public Lecturer Chairmanship ASEAN, kas keliling, sosialisasi kebijakan Bank Indonesia dan beberapa kompetisi/lomba pendukung acara.

Pilihan Editor: Menelisik Wastra Lawasan dari Sumatra bagian Selatan, dari Songket hingga Kain Tapis

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."