Keragaman Gaya Busana Muslim dengan Wastra Indonesia di LIMOFF 2023

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
LIMOFF 2023 mengusung tema

LIMOFF 2023 mengusung tema "Making Lombok Sumbawa as Gateway to Global Market" menampilkan busana muslim dan wastra Indonesia/Foto: Doc. IFC

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perhelatan Lombok International Modest Fashion Festival (LIMOFF) secara resmi telah dibuka oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc. dan akan digelar oleh Pemerintah Provinsi (PemProv) NTB dan Dekranasda NTB yang bersinergi dengan Indonesian Fashion Chamber (IFC) dari tanggal 6 sampai 9 Juli 2023 di Merumatta Senggigi Hotel, Lombok, NTB.

Selama empat hari pelaksanaan, LIMOFF 2023 mengusung tema "Making Lombok Sumbawa as Gateway to Global Market" menghadirkan fashion show 109 desainer dan jenama fashion baik lokal dan nasional yang menampilkan keragaman gaya modest fashion mulai dari konvensional, kontemporer, hingga syar'i.

Berkolaborasi dengan AFDS (Asean Fashion Designers Showcase), gelaran perdana LIMOFF menampilkan pula rancangan dari Asean Designers, yaitu Wan Bainun dari Malaysia, Dave Ocampo dari Filipina, dan Hayden Ng dari Singapura. Viva Cosmetic sebagai Official Makeup & Hairdo LIMOFF 2023 mendukung dua desainer dari IFC Chapter Jawa Barat yaitu Nuniek Mawardi dan IFC Chapter Yogyakarta yaitu Lia Mustafa. 

LIMOFF 2023 mengusung tema "Making Lombok Sumbawa as Gateway to Global Market" menampilkan busana muslim dan wastra Indonesia/Foto: Doc. IFC

Sebagai pembuka rangkaian fashion show LIMOFF 2023 menampilkan parade karya desainer yang  mengeksplorasi keragaman wastra NTB dan berkolaborasi dengan UMKM wastra dan aksesori unggulan dari NTB, yaitu Itang Yunasz dan aksesori Lilara Mutiara Lombok, House of Asri Welas X 15 UMKM NTB, Tenun Lombok by QV by Viviana, Sanet x Shoes by Keewa, Rengganis, Rosie Rahmadi, Rose.Ma.Lina x Sofie, Najua Yanti, dan Khazzanah x Sahla

Dilanjutkan dengan KAMILADESIGN, ULYAHIJAB, Elva Fauqo, Batik Siger by Una X Larasati, IHSANIA, ETU by Restu Anggraini, Bellahasura, My Daily Hijab, Roemah Kebaya Vielga, OPIE OVIE, NaNuNiSa x Arsita x Arunikara, SHARFINA, Sanic Alexander, ULYABBAYA, DIANRISTY, Monika Jufry, Lily Gunawan, Tenun Gaya by Wignyo, PHILLIP, Hannie Hananto x Keewa Shoes, Dwi Iskandar, dan Astuti Arindra.

LIMOFF 2023 mengusung tema "Making Lombok Sumbawa as Gateway to Global Market" menampilkan busana muslim dan wastra Indonesia/Foto: Doc. IFC

Perhelatan LIMOFF memberikan kesempatan pula kepada Dekranasda dari berbagai daerah untuk menampilkan koleksi karya fashion designer dalam menggunakan wastra unggulan dari daerahnya, di antaranya adalah Dekranasda Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung x Ariez Offical, Dekranasda Provinsi NTB x Riana Meilia Lombok - NTB Pearls, Dekranasda Provinsi DKI Jakarta Presents Wignyo, Dekranasda Kabupaten Lombok Timur x Sri Mahyu Wardani × Suri Nurmala Wati × Samira, Dekranasda Lombok Barat x Temy, Dekranasda DIY x Iffah M Dewi, Dekranasda Kaltara 2023 Fashion Show Pesona Benuanta, Dekranasda Provinsi Bengkulu x Oase Gallery, Dekranasda DIY x Dewi Roesdji, Dekranasda Provinsi Bali x Lusi Damai, Dekranasda Provinsi Bali x Body&Mind by Dayu Karang, dan Dekranasda Provinsi Bali x Taksu Design. 

"Viva Cosmetic telah berusia 61 tahun yang merupakan kosmetik tertua di Indonesia. Kami selalu mendukung penuh pengembangan industri kreatif di tanah air yang tentunya dapat membangkitkan ekonomi dalam negeri. Seperti halnya dukungan kami pada LIMOFF sebagai ajang festival modest fashion terbesar di NTB ini," jelas Yusuf Wiharto, Direktur PT Moga Djaja (Viva Cosmetic). 

LIMOFF dicanangkan sebagai event tahunan kerjasama dengan Bank Indonesia untuk Road to IN2MOTIONFEST. Salah satu bentuk dukungannya adalah Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Nusa Tenggara Barat menghadirkan koleksi kreasi fashion designer Wignyo dengan menggunakan wastra NTB buatan penenun binaan KPw BI Provinsi NTB.  

LIMOFF 2023 mengusung tema "Making Lombok Sumbawa as Gateway to Global Market" menampilkan busana muslim dan wastra Indonesia/Foto: Doc. IFC

Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Provinsi NTB dalam Promosi dan Perdagangan Produk Unggulan Daerah telah terjalin penandanganan MOU antara NTBMALL dengan The Futurist Foundation Nusantara Fashion House. Perjanjian kerjasama ini merupakan hasil tindak lanjut dari kunjungan kerja Gubernur NTB dan Ketua Dekranasda NTB didampingi oleh Kepala Dinas Perdagangan & Direktur NTBMALL yang membuahkan sebuah store di Strand Mall Malaysia yang akan fokus pada penjualan produk UKM NTB. 

LIMOFF 2023 didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB, Bank NTB Syariah, BPR NTB, Viva Cosmetic sebagai Official Makeup & Hairdo, dan Merumatta Hotel Senggigi sebagai Official Venue. Didukung pula oleh Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, BPSDM, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Dinas Pariwisata Provinsi NTB, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi NTB. 

Pilihan Editor: Lombok International Modest Fashion Festival Hadirkan Penenun Lokal dan 109 Desainer

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."