Tips Sukses Bisnis Fashion, Tawarkan Keunikan Produk

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Para pelaku UMKM pada konferensi pers Tokopedia Fashion Week 2023 pada 5 Juli 2023/Cantika-Mitra Tarigan

Para pelaku UMKM pada konferensi pers Tokopedia Fashion Week 2023 pada 5 Juli 2023/Cantika-Mitra Tarigan

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaBisnis fashion semakin diminati masyarakat. Peluang bisnis ini dari mulai pakaian, sepatu, hingga aksesoris seperti tas dan fashion lainnya. Awalnya terlihat mudah, namun tentu ada banyak tantangan yang harus dilewati para pelaku bisnis fashion. Penting pula bagi pelaku bisnis fashion untuk memiliki strategi menarik hati calon pelanggan. Harapannya agar bisnis yang dijalankan terus tumbuh dan dapat bersaing dengan para kompetitor. 

Simak tips sukses bisnis fashion bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam menarik hati calon pelanggan. 

1. Jangan hanya jual produk, tapi juga gaya hidup

Pemilik usaha SARE studio Putri Andamdewi mengatakan, penting bagi pelaku usaha untuk tidak hanya menjual produk tapi juga gaya hidup agar brand dapat lebih melekat di hati dan pikiran pelanggan.

Pemilik Usaha SARE studio Putri Andam Dewi dan Cempaka di Konferensi Pers Tokopedia Fashion Week 2023 pada 5 Juli 2023/Cantika-Mitra Tarigan

"Kalau di kita (SARE studio), kita jelasin kita siapa, kita enggak cuma jualan piyama tapi kita jualan lifestyle-nya SARE, kayak pelanggan SARE itu seperti apa sih, olahraganya apa, makannya seperti apa. Lama-lama terbentuk sendiri, mereka berpikir 'oh saya pengin punya lifestyle seperti itu, berarti tidurnya pakai SARE ya," ujar wanita yang akrab disapa Andam pada peluncuran Tokopedia Fashion Week 5 Juli 2023.

2. Tawarkan value dan keunikan yang berbeda

Pada kesempatan yang sama, pemilik usaha tas KAMI Michelly Mondong mengatakan bahwa hal yang tak kalah penting untuk menarik calon pelanggan adalah dengan menawarkan value atau nilai dan keunikan yang berbeda dibanding kompetitor.

Seperti yang dilakukan KAMI untuk Tokopedia Fashion Week 2023 misalnya, Michelly mengatakan brand yang dimilikinya menghadirkan produk tas yang lebih lentur. "Untuk koleksi kita kali ini kita masukkan minyak ke dalam kulitnya, sehingga kulitnya jadi lebih lentur. Itu belum ada di brand tas lain atau koleksi kami lainnya," ujar Michelly.

Pemilik Usaha INPACA Fransisca Cika pada konferensi pers Tokopedia Fashion Week 2023 5 Juli 2023/Cantika-Mitra Tarigan

3. Hadirkan produk yang timeless

Membuat produk yang mengikuti tren tentu saja penting. Namun Michelly menyarankan juga akan pelaku usaha bisa menghadirkan produk dengan model yang timeless atau tetap relevan sepanjang masa. Hal itu dilakukannya. Ia lebih banyak memilih tas dengan warna netral, seperti cokelat, hitam, putih atau abu-abu. "Jadi bukan cuma tren yang sepintas doang, tapi bisa sepanjang masa selalu dipakai dan cocok dengan outfit apapun," katanya.

4. Utamakan kenyamanan dan kepuasan konsumen

Pemilik usaha Jolie Clothing Stefani Tan memiliki tips sendiri untuk menarik hati para pelanggan. Ia mengingatkan agar para pelaku usaha bisa mengutamakan kenyamanan konsumen mulai dari menanyakan produk, melakukan pemesanan, hingga produk sampai ke tangan mereka. Misalnya ketika pelanggan bertanya di media sosial atau e-commerce, mereka bisa mendapatkan jawaban yang cepat. Pelaku usaha juga bisa memastikan agar proses komunikasi melalui website lancar. Artinya, jangan sampai website eror dan tidak bisa diakses. 

Pemilik Usaha Kami Michelly Mondong (kiri) pada Konferensi pers Tokopedia Fashion Week 2023 pada 5 Juli 2023/Cantika-Mitra Tarigan

Lalu pelaku usaha bisa memastikan proses pengiriman barangnya, misalnya dengan memberikan packaging yang cantik dan aman hingga sampai di rumah pelanggan. Semua layanan terbaik itu diharapkan bisa memberikan pengalaman baik bagi pelanggan. "Itu kan sesuatu yang akan mereka kenang. Dia ingat happy banget beli di Jolie Clothing karena tepat waktu, dipakainya nyaman, itu yang akan bikin customer balik lagi dan nge-fans sama kita," lanjut dia.

Sependapat dengan Stefani, Founder INPACA Fransisca Cika juga mengatakan hal serupa. "Selain kita buat produk yang tentunya harus bagus, di sisi lain adalah bagaimana pelanggan puas dengan barang kita dan mereka merasa nyaman dan cocok," katanya.

5. Kolaborasi dengan Influencer

Fransisca juga mengatakan penting untuk menggaet influencer untuk menjangkau pasar yang lebih banyak. "Yang bisa kita lakukan lagi mungkin kolaborasi juga dengan influencer, tentu kita kurasi juga influencernya yang cocok style-nya. Itu membuat kita gain market," ujar Fransisca.

Pilihan editor: 5 Tips Merintis Bisnis Fashion Hijab Sendiri

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

ANTARA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."