Kata Survei, ARMY Penggemar Paling Loyal

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
BTS. Foto: Instagram BTS Official.

BTS. Foto: Instagram BTS Official.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Loyalitas atau kesetiaan salah satu fondasi dalam hubungan apa pun, termasuk penggemar dan artis idolanya. Hal itu pun dicermati oleh survei yang dilakukan oleh situs informasi perjalanan di Amerika Serikat baru-baru ini. Dan, ARMY, sebutan penggemar grup asal Korea Selatan Bangtan Boys atau BTS, berada di posisi teratas sebagai penggemar paling loyal

Dikutip dari laman Yonhap, Minggu, 2 Juli 2023, survei bertajuk "How Far Would You Travel to See Your Favorite Artist" di situsnya bertujuan mengetahui seberapa jauh para pendukungnya bersedia melakukan perjalanan demi idola mereka dan mendapatkan jawaban dari 3.200 penggemar musik di Amerika.

Hasil survei memperlihatkan, pada indeks loyalitas 100 poin, BTS mencetak 88,4 poin dan hasil ini membuat mereka berada di posisi teratas survei. Penggemar BTS rela melakukan perjalanan rata-rata 2.040 mil atau setara 3.283 km. Mereka juga yang paling mungkin mengikuti grup favorit mereka dari kota ke kota, dengan persentase 62,5 persen.

Fans mendiang penyanyi Michael Jackson menempati posisi kedua dalam peringkat loyalitas 76,8 poin, diikuti Elton John dengan 66,4 poin dan Lady Gaga dengan 63,3 poin.

ARMY dikenal melakukan perjalanan demi artisnya dan konser grup tersebut sering menampilkan kerumunan penggemar internasional yang mewakili berbagai penjuru dunia. Perayaan 10 tahun BTS pada bulan lalu, yakni BTS Festa misalnya, mengumpulkan sekitar 400 ribu penggemar dan 120 ribu di antaranya berasal dari luar Korea Selatan.

Sebagai informasi, BTS merupakan grup vokal asal pria Korea Selatan yang dikelola oleh Big Hit Music. Anggotanya terdiri dari tujuh pria, yakni RM, J-Hope, Suga, Jin, V, Jungkook, dan Jimin. Mereka debut pada 2013. Kini, mereka sedang hiatus atau rehat sementara untuk kegiatan grup. Para personil fokus pada proyek solo maupun menjalani wajib militer atau wamil.

Apakah Sahabat Cantika salah satu ARMY?

Pilihan Editor: 5 Cara ARMY Menggilai BTS, Antre 20 Jam Hingga Galang Donasi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."