Suhay Salim bagi 5 Tips jadi Beauty Influencer, Buat Konten Original dan Ciptakan Engagement

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Suhay Salim di acara Bincang Shopee Industri Kecantikan, Selasa, 27 Juni 2023/Foto: Doc. Shopee

Suhay Salim di acara Bincang Shopee Industri Kecantikan, Selasa, 27 Juni 2023/Foto: Doc. Shopee

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Berbagai pilihan produk kecantikan dengan kualitas yang bersaing, menjamurnya bisnis lokal dengan inovasi yang berbeda, hingga lahirnya profesi baru yang
menawarkan potensi dan peluang besar, merupakan tiga dari banyak hal yang menjadi bukti nyata pengaruh positif dari kemajuan teknologi pada industri kecantikan.

Dalam rangkaian kampanye yang sedang berlangsung, BincangShopee 7.7 Shopee Live Bombastis Sale hadir bersama Suhay Salim, Beauty Influencer & Shopee Affiliate dan Regina Widjaya, Chief Business Officer ESQA. Tidak hanya membahas mengenai tren saat ini, acara dengan tema ‘Kupas Cerita Kreasi Industri Kecantikan’ ini bertujuan untuk berdiskusi lebih dalam mengenai berbagai ruang kreativitas dan potensi yang ditawarkan industri kecantikan hingga di masa akan datang, baik untuk konsumen, pelaku usaha hingga konten kreator.

Di era modern ini, berbagai inovasi dan peluang untuk berkarya dihadirkan mengikuti kebutuhan masyarakat. Transformasi digital bukan hanya menawarkan varian produk baru, tetapi melahirkan ragam profesi baru, salah satunya menjadi beauty content creator dan hadirnya program affiliasi. Hingga yang menarik perhatian masyarakat pada beberapa tahun terakhir adalah pengaruh interaksi dan keterlibatan konsumen saat berbelanja. 

Saat ini, sensasi belanja online yang interaktif menciptakan pergerakan perilaku belanja, atau sering disebut sebagai live shopping. 7.7 Shopee Live Bombastis Sale merupakan kampanye yang berangkat dari pemahaman tersebut, dimana selama kampanye pengguna disuguhkan dengan ragam penawaran menarik yang dapat dinikmati saat berbelanja berbagai kategori seperti Fashion dan Kecantikan melalui Shopee Live.

Suhay Salim mengatakan sebagai beauty influencer seperti sekarang tentu banyak sekali lika-likunya. Dari yang awalnya, Suhay mendalami hobi fotografi, hingga akhirnya menyadari objek foto dengan model itu bagaikan seni yang saling berkaitan. 

"Nah, berawal dari situ yang mengantarkan aku tertarik dan penasaran untuk mempelajari dunia make up dan kecantikan. Buat aku menjadi beauty influencer itu bukan hanya sekedar mengulas sebuah produk atau konten untuk tutorial, tapi bagaimana kita menciptakan sebuah konten edukatif yang bermanfaat. Selalu mau mengembangkan diri akan hal baru dan tren terkini adalah kunci eksistensi di dunia konten kreator," ucapnya, Selasa, 27 Juni 2023. 

Lalu, bagaimana cara memanfaatkan teknologi dalam menciptakan konten-konten beauty menarik? Berikut beberapa tips dari Suhay Salim;

1. Konten original dan berciri khas

Perlu di ingat, bahwa persaingan di dunia digital ini kita harus selalu menyajikan konten yang original dan terhindar dari plagiat. Kenapa ini penting? Sebab, konten yang orisinal sesuai dengan ciri khas diri sendiri dan beda dari kreator lainnya bisa meningkatkan peluang untuk semakin disukai dan mudah diingat oleh para penggemar. 

Selain itu, perlu diingat, kejujuran saat memaparkan produk merupakan salah satu keharusan agar tidak menyesatkan pengikutnya. “Apalagi saat aku lagi mau buat konten, contohnya nyobain produk baru, current fav product setiap bulannya, honest review skincare, ataupun produk endorse, penilaiannya memang benar-benar dari pengalaman pemakaian aku dan perubahan apa yang terjadi di kulit aku. Jadi jangan sampai kita membohongi para followers ya.” lanjut Suhay

2. Terus belajar hal baru demi tingkatkan kemampuan

Jangan takut untuk buat beragam konten yang berkualitas. Cobalah selalu tanamkan
pada diri untuk terus keep up terhadap perkembangan tren dan mau tetap belajar
mengasah kemampuan. Seperti belajar editing video, maupun kemampuan story telling yang membuat video semakin atraktif, memahami pencahayaan dan tata letak, serta eksplorasi berbagai jenis konten agar semakin diingat oleh followers.

3. Mengajak followers untuk ikut serta memberikan ide

Ciptakan engagement dengan para pengikut melalui konten-konten interaktif dan variatif. Sebenarnya banyak ide konten menarik, seperti review produk, skincare routine, makeup challenge, tutorial makeup, haul, spill dan rekomendasi produk. Tapi jangan lupa sesekali di tengah konten kita bisa buat semacam interaksi dengan followers melalui QnA, tebak-tebak, atau hal lainnya yang membuat mereka merasa dekat dengan kita. 

Bahkan bisa juga menanyakan mengenai ide konten berikutnya yang sesuai dengan permintaan penonton. “Bisa di cek, contoh konten aku yang mendapat views tertinggi itu mengenai praktek skincare routine, ada juga best skincare pilihan aku untuk beberapa masalah kulit, seperti pori-pori, wajah kusam, jerawat, yang memang ide ini aku ambil dari masukan-masukan para followers, makasih ya.” tambah Suhay

4. Jangan takut memaksimalkan teknologi dan peluang

Kemampuan lain yang juga penting adalah bagaimana kita memanfaatkan teknologi
untuk memasarkan konten. Seperti mempelajari bagaimana mengoptimalkan konten di setiap kanal platform baik sosial media maupun e-commerce. Kenapa e-commerce?
Karena saat ini e-commerce tak hanya sebagai wadah untuk bertransaksi jual beli, tapi menyajikan banyak fitur baru yang mendukung para konten kreator semakin luas
berkreasi dalam menjangkau followers.

5. Selalu up-to-date dan upgrade perlengkapan pendukung

Senantiasa upgrade skills dan perlengkapan pendukung untuk konten. Ini juga penting! “Nah ngomongin soal memanfaatkan fitur Live Stream, tentu saja aku optimalkan banget. Apalagi sebagai user Shopee, belanja makeup terbaru, kebutuhan rumah tangga, hingga aksesoris dan peralatan untuk konten, jadi semakin mudah dengan berbagai promo menarik yang selalu ditawarkan. 

Pilihan Editor: Tasya Farasya, Lulusan Fakultas Kedokteran Jadi Beauty Influencer

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."