10 Penyebab Utama Pertengkaran Suami Istri, Ibu Mertua hingga Uang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/Drazen Zigic

Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/Drazen Zigic

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada sejumlah penyebab utama pertengkaran suami istri. Contohnya perbedaan dalam dinamika keluarga, keputusan keuangan, hingga menjalankan tradisi. Namun, dengan komunikasi yang efektif dan kemauan untuk berkompromi, pertengkaran yang sering terjadi dapat dihindari.

Dalam menghadapi konflik ini, penerapan strategi praktis dapat membantu membangun fondasi yang lebih kuat untuk saling memahami dan menghormati satu sama lain. Berikut adalah 10 penyebab utama pertengkaran suami istri dan cara mengatasinya.

1. Ibu Mertua

Contoh Masalah: ibu mertua tidak menyukai masakan Anda dan mengkritiknya.

Cara mengatasinya: Sampaikan perasaan Anda dengan tidak mengancam, misalnya, "Saya merasa tidak nyaman ketika Anda mengkritik masakan saya. Mohon jangan mengatakan bahwa masakan saya tidak enak, meskipun Anda tidak menyukainya."

2. Uang

Contoh Masalah: Anda ingin mengadakan pesta, tetapi pasangan mengatakan Anda tidak mampu.

Cara mengatasinya: Buatlah anggaran yang memperhitungkan semua pengeluaran terkait. Tetapkan jumlah yang akan Anda habiskan untuk setiap pengeluaran dan berpeganglah pada anggaran tersebut.

3. Bepergian

Contoh Masalah: Anda ketinggalan pesawat karena pasangan tidak dapat menemukan syalnya.

Cara memperbaikinya: Perjalanan bisa menimbulkan stres bagi semua orang. Cobalah untuk tidak saling menyalahkan dan ingatlah bahwa pasangan Anda juga merasa kesal karena ketinggalan pesawat.

4. Kumpul Keluarga Besar

Contoh Masalah: Anda ingin menghabiskan waktu dengan keluarga Anda, sedangkan pasangan ingin menghabiskan waktu dengan keluarganya.

Cara mengatasinya: Cari kompromi yang membutuhkan pengorbanan dari kedua belah pihak. Pahamilah bahwa menyatukan dua keluarga membutuhkan waktu, misalnya dengan menghabiskan waktu dengan keluarga Anda pada satu hari dan keluarga pasangan pada hari berikutnya.

5. Pemberian Hadiah

Contoh Masalah: Anda memberikan hadiah berupa iPad, tetapi pasangan memberikan hadiah berupa kartu senilai ratusan ribu.

Cara mengatasinya: Diskusikan arti pemberian hadiah bagi Anda berdua dan setujulah terlebih dahulu mengenai jumlah dan jenis hadiah yang akan diberikan.

Baca juga: 5 Alasan Pasangan Kerap Picu Pertengkaran tanpa Sebab, Cari Perhatian atau Kebiasaannya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."