Cerita Lola Amaria Ibadah Haji 2023, Dibantu Mencium Hajar Aswad

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Lola Amaria menunaikan ibadah haji pada 2023. Foto: Instagram/@lola.amaria

Lola Amaria menunaikan ibadah haji pada 2023. Foto: Instagram/@lola.amaria

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris sekaligus sutradara, Lola Amaria tengah menunaikan ibadah haji tahun ini. Selama beribadah di Tanah Suci, Lola mengaku mendapat kemudahan dalam beribadah termasuk bisa mencium Hajar Aswad.

Sutradara Terbaik pada Festival Film Indonesia 2010 itu berkisah bahwa saat dia tepat berada di depan Hajar Aswad, jemaah berjubel di sekitarnya. Dia meyakini ketika memasrahkan diri, maka akan datang pertolongan.

"Ada jamaah asal Turki yang memberi perlindungan dan memberi jalan. Saya bilang 'help me' (tolong saya), dia jawab 'hold my hand' (pegang tangan saya). Alhamdulillah bisa cium Hajar Aswad yang wangi. Saya memasukkan kepala ke hajar aswad dan berdoa," kata Lola Amaria, saat ditemui di Mekkah, Sabtu, 24 Juni 2023.

Ketika Lola Amaria ingin mengucapkan terima kasih, jamaah yang membantunya memberi jalan tersebut sudah tidak ada.

Hadiah Ulang Tahun ke-46

Selain mencium Hajar Aswad, niat lain yang akan Lola Amaria laksanakan selama di Arab Saudi yakni tawaf sunah sebanyak 46 kali sebagai hadiah ulang tahun untuk dia sendiri pada 30 Juli 2023.

"Tahun ini usia saya 46. Saya ingin menghadiahi diri sendiri dengan tawaf sunah sebanyak 46 kali dan ingin masuk ke Raudhah saat di Masjid Nabawi," kata Lola yang akan bermukim selama 30 hari, 15 hari di Mekkah dan 15 hari di Madinah.

Tahun ini, kata Lola ada peristiwa yang berarti baginya mulai bisa berhaji, berulang tahun di Mekkah, dan film dokumenternya berjudul Eksil dalam waktu dekat akan dirilis.

"Kalau mau mengejar dunia nggak akan kelar-kelar. Kebetulan ini pas lagi tidak konslet. Saya sudah niat dan pasrahkan untuk menjalaninya," ujar Sutradara film Betina yang pernah meraih penghargaan Netpac Award dalam Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) 2006 itu.

Lola teringat nasihat sang ibu bahwa kalau ada kesempatan segeralah berhaji, mumpung masih muda dan mampu secara finansial dan atas pesan itu, dia langsung mendaftarkan diri berhaji.

"Biasanya kalau dibilangi masuk kuping kiri, keluar kuping kanan. Kata ibuku, kalau mau haji sekarang waktunya. Mumpung masih muda dan mampu. Kalau sudah tua takutnya nyusahin orang, makanya sekarang waktunya," pungkasnya.

Lola Amaria terdaftar dalam haji khusus, layanan atau program haji dengan masa tunggu yang lebih cepat dibandingkan dengan layanan haji reguler berkisar 5-7 tahun.

Pilihan Editor: Sempat Tak Bisa Berangkat Ibadah Haji, Dewi Sandra Cerita Menangis Tiap Malam

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."