Ulang Tahun Jakarta 2023, Berikut 5 Kuliner Jakarta dari Soto Betawi hingga Kue Pancong

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Soto Betawi H. Ma'ruf. Foto: GoFood

Soto Betawi H. Ma'ruf. Foto: GoFood

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selamat Ulang Tahun Jakarta. Hari ini, Kamis, 22 Juni 2023, kota megapolitan merayakan Hari Jadi ke-496. Ibu kota negara ini telah menjadi magnet bagi masyarakat untuk berdatangan dengan berbagai tujuan, mulai dari mencari pekerjaan hingga sekadar berwisata kuliner. Bahkan, hasil temuan terbaru dari TasteAtlas, platform panduan daring atau online untuk makanan tradisional, ulasan kritikus makanan, serta artikel penelitian tentang bahan dan hidangan populer, mengungkapkan Jakarta masuk ke dalam daftar 100 kota terbaik di dunia untuk mencicipi makanan lokal.

Temuan tersebut turut menyebutkan berbagai makanan lokal Jakarta yang patut dicicipi oleh pelancong, antara lain soto betawi, sate, nasi uduk dan bubur ayam. Ragam makanan lokal ini juga dapat kamu temukan dengan mudah melalui inisiatif terbaru dari Gojek, yakni Koleksi Juara Lokal GoFood.

Inisiatif ini mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM kuliner lokal dapat meningkatkan visibilitasnya kepada calon pelanggan dan memudahkan calon pelanggan untuk menemukan pilihan resto UMKM kuliner lokal Jakarta di aplikasi Gojek Juara Lokal GoFood di Aplikasi Gojek.

“Koleksi Juara Lokal GoFood hadir sebagai aksi nyata Gojek untuk mendorong UMKM kuliner lokal agar makin dikenal dan mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Inisiatif ini juga dapat jadi solusi yang tepat bagi wisatawan dan pecinta kuliner untuk menjelajahi kuliner khas Jakarta melalui aplikasi Gojek," jelas Gede Manggala, Head of Regions & External Affairs Gojek dalam siaran pers yang diterima Cantika, Rabu, 21 Juni 2023.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menyadari pentingnya sektor UMKM kuliner sebagai roda penggerak ekonomi kerakyatan. Perhatian penuh terus diberikan, salah satunya dengan menggelar Festival Kuliner Betawi beberapa waktu lalu sebagai bagian rangkaian acara dalam menyongsong HUT DKI Jakarta.

“HUT DKI Jakarta merupakan momentum tepat untuk kembali mempromosikan ragam kuliner khas Jakarta ke masyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu adanya dukungan dan sinergi dari berbagai pihak untuk meningkatkan visibilitas terhadap UMKM kuliner Jakarta dapat makin dikenal dan dipesan oleh warga Jakarta dan para wisatawan,” ungkap Elisabeth Ratu Rante Allo, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPUKM) Provinsi DKI Jakarta.

Dia juga mengapresiasi inisiatif Gojek dalam menghadirkan Koleksi Juara Lokal GoFood yang mendukung UMKM kuliner Jakarta untuk naik kelas. "Kami berharap inisiatif ini pun dapat meningkatkan daya saing UMKM kuliner Jakarta sehingga mereka bisa tumbuh secara berkelanjutan,” tambahnya.

Dalam rangka merayakan HUT DKI Jakarta yang ke-496 pada 22 Juni 2023, GoFood bagikan ragam kuliner khas Jakarta yang telah dikurasi dan masuk ke dalam Koleksi Juara Lokal GoFood.

Daftar resto juara ini telah dikurasi secara khusus berdasarkan beberapa kriteria, yaitu rekomendasi hidangan khas, resto legendaris, hidden gem, dan favorit masyarakat setempat, serta UMKM kuliner lokal Jakarta yang memiliki pertumbuhan bisnis positif dan memiliki potensi untuk terus berkembang.

1. Soto Betawi H. Ma’ruf

Soto Betawi H. Ma'ruf. Foto: GoFood

Makanan khas betawi yang telah beroperasi sejak 1943, memiliki keunggulan dalam cita rasa autentik betawi pada kuah soto berbahan dasar gabungan antara susu dan santan tanpa MSG.

Tak hanya soto, resto legendaris ini juga memberikan ragam pilihan menu lainnya yang dapat Anda cicipi seperti Laksa Betawi dan Sate Sapi Khas Betawi.

Bagi Anda yang tertarik mencicipi Soto Betawi H. Ma’ruf, dapat langsung pesan melalui aplikasi atau berkunjung ke outlet di daerah Pramuka, Taman Ismail Marzuki, Gondangdia dan Tebet.

Jam operasional: Setiap Hari, 09.30 - 20.30 WIB

2. Ayam Goreng Berkah Rachmat

Ayam Goreng Berkah Rachmat. Foto: GoFood

Resto ayam kampung asli di daerah Melawai, Jakarta Selatan, ini telah menjadi salah satu resto favorit warga Jakarta Selatan. Ayam Goreng Berkah Rachmat didirikan sejak 1960-an oleh seorang mantan prajurit kemerdekaan Republik Indonesia dan hingga saat ini tetap bertahan menjadi resto andalan pelanggan berkat cita rasa dan kualitas ayam goreng yang nikmat dan gurih serta dipadukan dengan sayur asem dan sambal khasnya.

Jam operasional: Setiap Hari, 10.30 - 21.45 WIB

3. Asinan Special Ny. Isye, Kamboja

Asinan spesial Ny. Isye. Foto: GoFood

Resto Asinan Special Ny. Isye terletak di Jalan Kamboja, Rawamangun, Jakarta Timur ini menyuguhkan aneka menu andalan seperti asinan sayur, asinan buah, mi salad, mi juhi, dan lain sebagainya.

Asinan khas Jakarta ini selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung umum maupun ojek online. Tertarik buat menjajal asinan dari resto satu ini?

Jam operasional: Setiap Hari, 08:00 - 19:00 WIB

4. Ketoprak Ciragil, Senopati

Ketoprak Ciragil. Foto: GoFood

Ketoprak legendaris yang hits ini berlokasi di Jalan Ciragil II, Senopati, Jakarta Selatan. Makanan khas Jakarta ini dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin makan siang dan kenyang tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar.

Ketoprak Ciragil terkenal dengan isi ketopraknya yang menggunakan lontong dan dipadukan dengan bumbu kacang yang gurih serta kental. Selain itu, Anda juga bisa memilih jenis telur yang diinginkan, dari telur dadar, telur ceplok, telur rebus, hingga telur asin. Menggugah selera, bukan

Jam operasional: Setiap Hari, 08.30 - 16.30 WIB

5. Kue Pancong Bulak

Kue Pancong Bulak. Foto: GoFood

Kue pancong merupakan salah satu jajanan tradisional Jakarta yang memiliki banyak peminat. Pecinta kuliner pun sering mengulas jajanan ini, termasuk Kue Pancong Bulak yang terkenal dengan kue pancong yang dimasak setengah matang dengan aneka topping tambahan. Mulai dari keju, cokelat, kental manis hingga beragam selai kekinian.

Kue Pancong Bulak dapat Anda temui di Jalan Duren Sawit, Jakarta Timur atau bisa kamu pesan melalui aplikasi.

Jam operasional: Setiap Hari, 24 Jam

Di antara lima kuliner khas Jakarta di atas, mana yang paling ingin Anda santap di hari Ulang Tahun Jakarta 2023?

Pilihan Editor: Ulang Tahun Jakarta, Berikut 4 Kreasi Resep Makanan Khas Betawi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."