10 Cara menjadi Teman yang Baik, Mendengarkan hingga Menghormati Batasan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan dan teman-temannya. Foto: Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Ilustrasi perempuan dan teman-temannya. Foto: Unsplash.com/Priscilla Du Preez

IKLAN

11 Cara menjadi Teman yang Baik

1. Mendengarkan

Tunjukkan minat yang tulus pada pikiran dan perasaan teman Anda. Dengarkan dengan penuh perhatian dan tawarkan dukungan tanpa menghakimi. Berada di sana untuk mendengarkan berarti menunjukkan keingintahuan yang tulus tentang pikiran dan emosi teman Anda.

Ini melibatkan secara aktif memperhatikan dan memberikan dukungan tanpa mengkritik atau membentuk opini. Menunjukkan minat yang tulus pada pengalaman mereka menciptakan ruang yang aman untuk komunikasi terbuka dan memperkuat ikatan Anda.

2. Berkomunikasi secara Terbuka

Bangun komunikasi yang terbuka dan jujur dengan teman Anda. Bersedia untuk mengungkapkan pikiran dan emosi Anda, dan dorong mereka untuk melakukan hal yang sama. Saling bertukar pikiran dan perasaan ini memperkuat kepercayaan dan memupuk pertemanan yang lebih bermakna.

3. Berempati

Tempatkan diri Anda pada posisi teman Anda dan cobalah untuk memahami perspektif mereka. Validasi perasaan mereka dan tawarkan kasih sayang saat mereka mengalami masa-masa sulit. Empati adalah kunci untuk memahami sudut pandang teman Anda dengan menempatkan diri Anda pada posisinya.

Memvalidasi perasaan mereka dan berbelas kasih selama saat-saat sulit menunjukkan dukungan Anda dan membantu mereka merasa didengarkan dan dipahami. Dengan menunjukkan empati, Anda menumbuhkan rasa empati yang lebih dalam dan menciptakan ikatan yang lebih kuat dengan teman Anda.

4. Dapat Diandalkan

Menjadi seseorang yang dapat diandalkan salah satu cara menjadi teman yang baik. Tepati janji Anda, tepat waktu, dan hadir saat mereka membutuhkan Anda, baik untuk perayaan atau saat-saat sulit.

Dengan menepati janji Anda, dan bersama teman Anda melalui suka dan duka, Anda menunjukkan komitmen dan dedikasi Anda pada pertemanan. Berada di kala menyenangkan dan masa sulit memperkuat ikatan Anda dan meyakinkan teman Anda bahwa mereka memiliki teman yang dapat diandalkan di sisinya.

5. Bersikaplah Mendukung

Jadilah pemandu sorak terbesar mereka. Rayakan pencapaian dan tonggak pencapaian mereka, dan berikan semangat ketika mereka menghadapi kemunduran atau tantangan. Menjadi pemandu sorak berarti memberikan dorongan dan motivasi terus-menerus, terutama saat mengalami kemunduran atau tantangan, untuk mengingatkan mereka akan kekuatan dan ketahanan mereka.

Baca juga: Cara Menghadapi Teman yang Sedang Berduka, Hindari Kata-kata Berikut

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."