Bolehkah Ibu Hamil Makan Sushi? Begini Penjelasan Dokter Kandungan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita hamil. Freepik.com/user18526052

Ilustrasi wanita hamil. Freepik.com/user18526052

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ibu hamil punya sederet daftar apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan demi menjaga kesehatan diri dan bayi dalam kandungan. Salah satunya adalah memperhatikan makanan yang dikonsumsi termasuk sushi. Makanan khas Jepang ini telah menjadi topik diskusi hangat selama bertahun-tahun. Beberapa orang percaya sushi adalah makanan yang dilarang selama kehamilan, sementara yang lain berpendapat itu aman jika dilakukan tindakan pencegahan. Sebenarnya, bolehkah ibu hamil makan sushi?

Jawaban singkatnya adalah tergantung jenis sushi yang dikonsumsi. Ibu hamil harus menghindari makan sushi mentah, tapi boleh mengonsumsi sushi yang dimasak.

"Orang hamil harus menghindari semua ikan mentah atau setengah matang," kata Amy Roskin, dokter kandungan bersertifikat dan kepala petugas medis dari Seven Starling di Amerika, seperti dikutip dari laman PopSugar, Selasa, 13 Juni 2023.

Menurut Kongres Ahli Obstetri dan Ginekolog Amerika atau ACOG, hal itu akibat meningkatnya risiko bakteri dan parasit pada ikan mentah. Namun, Anda bisa memilih jenis sushi yang komponen ikannya dimasak.

Dengan kata lain, baik itu vegan, vegetarian, atau matang sempurna, seharusnya tidak masalah. Namun, beberapa jenis ikan, termasuk ikan todak, king mackerel, tilefish, dan hiu, mengandung merkuri tingkat tinggi dan harus dihindari sama sekali, baik dimasak atau tidak.

Apakah Sushi Aman Dikonsumsi di Kehamilan Trimester Pertama?

Sushi yang dibuat dari ikan mentah atau setengah matang harus dihindari di sepanjang kehamilan, baik di trimester pertama, kedua, maupun ketiga. Alasannya ikan mentah atau setengah matang dapat mengandung bakteri atau parasit berbahaya, seperti listeria, yang dapat menyebabkan komplikasi serius bagi ibu hamil dan janin yang sedang berkembang.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika atau CDC, ibu hamil 10 kali lebih mungkin dibandingkan orang yang tidak hamil untuk tertular infeksi listeria. Jika ibu hamil terinfeksi listeria selama kehamilan, itu dapat menyebabkan keguguran, lahir mati, persalinan prematur, dan masalah kesehatan lainnya untuk bayi.

"Infeksi listeria selama kehamilan seringkali ringan, tetapi infeksi janin dikaitkan dengan tingkat kematian yang tinggi 25 sampai 35 persen," jelas Kelly Johnson-Arbor, dokter toksikologi untuk Pengendalian Racun.

Untuk menghindari tertular penyakit bawaan makanan seperti listeria, ibu hamil sebaiknya menghindari makan ikan mentah, termasuk sushi, sashimi, dan kerang.

Baca juga: 5 Keluhan Ibu Hamil yang Paling Sering Dialami

Sushi goreng. Foto: Freepik.com/Stockking

Sushi yang Bisa Dimakan Ibu Hamil

Meskipun sushi mentah dilarang, ibu hamil tetap dapat menikmati berbagai pilihan sushi yang aman dan lezat. Gulungan sushi yang dimasak, seperti gulungan sushi California dan gulungan sayuran, menawarkan alternatif yang lebih aman bagi orang hamil yang mengidam sushi. Namun, penting untuk memperhatikan kandungan merkuri dalam ikan saat membuat pilihan sushi.

Daftar ikan pilihan terbaik yang aman dikonsumsi selama awal kehamilan termasuk salmon, flounder, dan herring.

Jika Anda tidak yakin tentang keamanan hidangan tertentu, yang terbaik adalah berhati-hati sampai Anda dapat berkonsultasi dengan profesional perawatan kesehatan.

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Sushi?

Apakah aman untuk makan sushi jika Anda sedang menyusui? Secara umum, ya, tetapi kekhawatiran yang sama tentang adanya bahaya merkuri.

"Ketika seorang ibu makan ikan, kemungkinan merkuri dalam ikan dapat masuk ke dalam air susu ibu (ASI). Namun, manfaat menyusui mungkin lebih besar daripada kemungkinan efek buruk paparan merkuri melalui ASI," menurut CDC.

Anda dapat memeriksa pedoman konsumsi ikan untuk ibu hamil dan menyusui dari Badan Pengawas Obat dan Makanan dan Badan Perlindungan Lingkungan Hidup untuk menentukan jenis ikan mana yang paling aman dan berapa banyak yang harus dimakan. Dan tentu saja, jika masih memiliki pertanyaan, hubungi penyedia layanan kesehatan agar mereka mempertimbangkan kondisi kesehatan Anda.

Pilihan Editor: Dear Ibu Hamil, Ini Waktu yang Aman Jika Ingin Pergi Liburan Menurut Dokter

AN NISA RISTIANTI | POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."