14 Tips Membuat Mata Sehat dan Cerah, Pakai Teh Hijau dan Mentimun

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi eyeliner berwarna cerah. Shutterstock.com

Ilustrasi eyeliner berwarna cerah. Shutterstock.com

IKLAN

8. Hindari penggunaan gawai yang berlebih

Untuk membantu tidur yang nyenyak dan mencegah masalah mata, sebaiknya hindari penggunaan perangkat elektronik sebelum tidur. Paparan cahaya buatan, terutama sebelum tidur, dapat berdampak negatif pada kesehatan mata dan siklus tidur alami Anda, menurut tinjauan literatur yang diterbitkan pada tahun 2018.

Jika ingin menghindari mata bengkak saat bangun tidur, cobalah tidur dengan kepala sedikit terangkat untuk mencegah penumpukan cairan di bawah mata.

9. Lindungi mata dari sinar matahari 

Melindungi mata dari sinar matahari dapat membantu mencegah mata kering dan mengurangi risiko terbakar sinar matahari pada kelopak mata atau kulit sensitif di sekitar mata. Saat terpapar langsung sinar matahari, gunakan kacamata hitam dengan perlindungan ultraviolet (UV) yang memadai. Anda juga dapat menggunakan pelindung samping pada kacamata untuk menghalangi angin dan udara kering.

10. Konsumsi cukup air

Menjaga tubuh terhidrasi adalah penting untuk kesehatan mata dan kulit secara keseluruhan. Pastikan Anda minum setidaknya delapan gelas air berukuran 8 ons setiap hari untuk menjaga kelembapan dan hidrasi mata. Jika cuaca lebih hangat dari biasanya atau jika Anda aktif, mungkin perlu minum lebih banyak air.

11. Beri mata istirahat

Jika Anda melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi visual seperti membaca atau melihat layar komputer, berikan mata istirahat setiap 20 menit. Fokus visual yang berlebihan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan mata menjadi kering, lelah, atau teriritasi. Untuk memberi mata istirahat, tutup mata Anda selama beberapa menit atau berkedip cepat selama beberapa detik untuk meratakan air mata alami di permukaan mata.

12. Gunakan tetes mata atau air mata buatan

Seiring bertambahnya usia, mata menjadi lebih rentan terhadap sindrom mata kering. Penggunaan lensa kontak, penggunaan beberapa obat seperti dekongestan dan antihistamin, serta alergi musiman juga dapat memicu mata kering. Jika Anda sering mengalami mata kering dan teriritasi, pertimbangkan penggunaan tetes mata over-the-counter (OTC) atau air mata buatan. Teteskan beberapa tetes ke mata untuk menjaga kelembapan mata.

13. Batasi konsumsi garam

Mengonsumsi terlalu banyak garam dapat menyebabkan retensi air dalam tubuh, yang dapat menyebabkan bengkak di sekitar mata. Konsumsi garam berlebih juga dapat meningkatkan tekanan darah. Untuk mencegah retensi air dan menjaga tekanan darah tetap terkendali, batasi asupan natrium Anda menjadi kurang dari 2.300 miligram (2,3 gram) atau setara dengan 1 sendok teh garam per hari.

14. Gunakan kompres dingin

Jika mata terasa bengkak atau panas, gunakan kompres dingin. Tempelkan kain yang telah direndam dalam air dingin ke mata selama 10 menit untuk menenangkan dan meredakan peradangan.

Pilihan Editor:  Jangan Bergantung Hanya pada Wortel, 5 Makanan Ini Juga Bisa Bikin Mata Sehat

WIDYA FITRIANINGSIH | HEALTHLINE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."