8 Tanda Kamu Mengendalikan Pasangan dalam Hubungan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Rawpixel.com

Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Rawpixel.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah orang seringkali mengendalikan pasangan dalam hubungan. Tindakan itu tergolong beracun atau toxic, bagi pasangan dan hubungan asmara. Menurut terapis hubungan, Allyson Kellum-Aguirre, orang yang berupaya mengendalikan pasangan dalam hubungan, bisa jadi dia bergumul dengan rasa tidak aman (insecure) dan kecemasan.

"Dia mungkin berusaha untuk mengendalikan lingkungan dan orang-orang di sekitar dia untuk memastikan prediktabilitas dan stabilitas, tetapi kebutuhan akan kontrol ini bisa menjadi tidak sehat," ujarnya dikutip dari laman Hindustan Times, Rabu, 7 Juni 2023.

Berikut ini tanda-tanda kamu mengendalikan pasangan dalam hubungan yang perlu diwaspadai dan dihindari demi kebaikan bersama.

1. Mengendalikan Kehidupan Pasangan

Setiap kali kamu memberi tahu pasangan apa yang boleh dia lakukan dan wajib dihindari, itu termasuk tanda kamu mengendalikan pasangan dalam hubungan. Menasihati seseorang adalah hal yang berbeda, tetapi memaksa seseorang untuk melakukan hal-hal tertentu sesuai keinginan kamu adalah sikap yang beracun.

2. Menjauhkan Pasangan dari Keluarga dan Teman-temannya

Seringkali dalam hubungan yang beracun, kamu mencoba menjauhkan pasangan dari orang yang mereka cintai, seperti keluarga dan teman. Tujuannya agar pasangan tetap berada dalam kekuasaan kamu.

3. Memanipulasi untuk Berubah

Ini juga termasuk tanda kamu mengendalikan pasangan. Ketika kamu memanipulasi orang untuk berubah agar sesuai dengan narasi palsu kamu tentang realitas, sadarilah itu tindakan beracun bagi kamu, pasangan, dan hubungan.

4. Selalu Mengkritik Pasangan

Karena kamu ingin pasangan sesuai dengan apa yang kamu inginkan, ketika mereka punya pendapat dan keinginan berbeda, kamu selalu mengkritiknya. Hal ini sangat berbahaya karena bisa menurunkan tingkat percaya diri pasangan.

Baca juga: 8 Cara Menghidupkan Kembali Koneksi dengan Pasangan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."