4 Situasi Canggung di Tempat Kerja dan Cara Menghadapinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan dan rekan kerjanya. Foto: Unsplash.com/Christina @ wocintechchat.com

Ilustrasi perempuan dan rekan kerjanya. Foto: Unsplash.com/Christina @ wocintechchat.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Adakalanya kita menghadapi situasi canggung di tempat kerja. Saat kita tidak mampu menghadapi situasi, rasanya benar-benar tidak menyenangkan dan tidak nyaman. Bagian terburuk dari semua itu adalah Anda bahkan tidak bisa bereaksi seperti yang Anda inginkan, karena takut menjadi sasaran atasan atau rekan kerja Anda di tempat kerja. Untuk menghindari hal tersebut dan kita pelajari bersama, berikut ini beberapa situasi canggung yang mungkin muncul di tempat kerja dan cara menghadapinya.

1. Saat Rekan Kerja Mencuri Ide Anda

Bersiaplah untuk kerja tim tetapi pastikan Anda memiliki catatan pekerjaan Anda sendiri, sehingga nanti, bilaman rekan kerja menunjukkan niat untuk mencuri pekerjaan Anda, Anda memiliki hak untuk mengatakan apa yang telah Anda kerjakan.

Selanjutnya, umumkan ide-ide Anda. Jika Anda ingin menunggu umpan balik tentang sebuah ide, tidak apa-apa, tetapi mulailah menceritakan ide Anda dengan lantang karena Anda tidak pernah tahu kapan rekan kerja Anda dengan licik mencuri ide Anda dan menyuarakannya sebagai milik mereka.

2. Atasan Menyalahkan Anda atas Kesalahan Mereka

Ini bisa sangat rumit. Jika itu adalah kesalahan kecil dan Anda ingin menghindari konfrontasi besar dan buruk dengan atasan Anda, tinggalkan saja. Tetapi jika atasan Anda terus menyalahkan Anda atas kesalahannya, Anda dapat berbicara secara pribadi dengan atasan Anda.

Tanyakan padanya apa kesalahannya dan dengan sangat tenang dan sensitif, katakan padanya bahwa bukan kamu yang melakukan kesalahan itu. Dengan memberitahukan hal ini kepadanya, Anda memberi tahu manajer Anda bahwa Anda 'mengetahui tindakan mereka.' Mudah-mudahan, mereka tidak akan membuat kesalahan ini di masa mendatang.

Baca juga: 5 Tanda Kamu Alami Gaslighting di Tempat Kerja

3. Anda Diminta Bekerja Lembur saat Anda Punya Rencana Besar

Pertama, coba pahami tujuan mengapa atasan Anda ingin Anda bekerja lembur. Apakah ini tentang proyek yang harus diserahkan malam itu atau dapat digeser keesokan paginya? Anda dapat berjanji kepada atasan Anda untuk mengerjakan beberapa bagian proyek dalam beberapa waktu dan menyelesaikannya keesokan paginya dengan bangun lebih awal dan menyelesaikannya tepat waktu.

Jika Anda telah diberi pekerjaan tertentu, Anda tidak dapat benar-benar menghindarinya tetapi Anda harus berkompromi dengannya.

4. Ada Rumor Tentang Anda

Mengatasi rumor tentang Anda di tempat kerja bisa menjadi situasi yang cukup canggung. Namun, Anda harus langsung dengan pertanyaan dan jawaban Anda. Tanyakan pendapat rekan kerja Anda—apakah menurut Anda rumor itu benar? Anda dapat memulai dengan menjelaskan sisi cerita Anda yang menyatakan bahwa rumor tersebut tidak benar. Kemudian, Anda dapat mengatakan, 'bantu saya menghentikan rumor ini dengan Anda tidak menyebutkannya lagi'. Anda harus tegas, dengan nada suara tenang.

Pilihan Editor: Punya Sahabat di Tempat Kerja, Berikut 7 Manfaat dan Risikonya

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."