Gaya Berkencan Ini Disukai Gen Z, Tampil Apa Adanya dan Lebih Santai

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi pasangan kencan. Freepik.com/Nensuria

Ilustrasi pasangan kencan. Freepik.com/Nensuria

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebuah survei oleh Tinder yang berjudul “Future of Dating 2023” menunjukkan 75 persen generasi Z mengaku suka tampil apa adanya saat berkencan. Tinder mengatakan anak muda berusia 18-25 tahun atau kelahiran 1997-2012 lebih suka tampil apa adanya. 

Keaslian diri sendiri merupakan hal paling utama dalam berkencan buat Gen Z. Mereka juga merasa bukan zamannya untuk bersikap malu-malu. Gen Z pun tampil berani dengan mencoba aplikasi kencan yang sebelumnya dianggap sebelah mata sehingga penggunaannya terus bertumbuh hingga saat ini. Chief Operating Officer Tinder, Faye Lositulano, mengatakan di 2023 pengguna aplikasi kencan Tinder didominasi oleh generasi Z.

“Generasi inilah yang kami yakini dapat mendorong perubahan paling besar dalam berkencan,” kata Lositulano.

Survei itu menunjukkan Gen Z mengutamakan kualitas kencan berdasarkan beberapa aspek, yakni kesetiaan, rasa hormat, dan pemikiran terbuka. Bahkan, mereka setuju merawat diri sendiri adalah prioritas utama ketika berkencan dan mengharapkan calon pasangan melakukan hal yang sama.

Kencan jadi lebih santai 

Gaya berkencan Gen Z saat ini sedikit banyak dipengaruhi pandemi COVID-19 sehingga bagi mereka waktu adalah hal berharga. Dari sebelumnya kencan karena kebutuhan berubah menjadi kencan yang lebih santai. Mereka pun terbuka terhadap cara baru untuk menyesuaikan jadwal kencan.

Gen Z memiliki kemungkinan kecil untuk melakukan ghosting atau pergi tanpa kabar kepada seseorang dibandingkan yang berusia di atas 33 tahun. Oleh sebab itu, gen Z dikenal dengan sikapnya yang memilih antara kencan atau tidak sama sekali. Meskipun mayoritas Gen Z menilai pernikahan bukan prioritas utama, pakar global Tinder di bidang wawasan hubungan, Paul C. Brunson, berpendapat Gen Z akan memiliki pernikahan yang paling sukses.

“Karena mereka sangat bersungguh-sungguh dalam membangun kesejahteraan emosional dan komunikasi yang jelas,” ujar Brunson.

Bagi Gen Z, individu dan kepribadian seseorang adalah hal terpenting. Survei juga menunjukkan mereka telah berkencan dengan orang dari etnis yang berbeda. Gen Z pun setuju untuk berkencan dengan orang-orang di luar lingkaran pertemanan dan berkomunikasi dengan yang belum pernah ditemui sehari-hari.

Pilihan Editor: Cara Zendaya dan Tom Holland Berkencan Romantis, Jalan-jalan di Venesia

YAYUK WIDIYARTI | ANTARA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."