Etika dan Jumlah Ideal Memberi Tip usai Perawatan di Salon

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan perawatan rambut di salon. Foto: Freepik.com/Prostooleh

Ilustrasi perempuan perawatan rambut di salon. Foto: Freepik.com/Prostooleh

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda masih bingung berapa jumlah ideal memberi tip usai perawatan di salon? Jika iya, berarti Anda berada di ulasan yang tepat. Anda mungkin sudah mengetahui bahwa etika tip konvensional mengimbau Anda memberi tip usai perawatan di salon. Di dalam etika tersebut, ada besaran nominal yang dijadikan standar umum, dan kepada siapa saja harus memberi tip. Perlukah memberi tip kepada pemilik salon? Untuk menjawab sederet pertanyaan tersebut, mari kita simak penjelasan pakar etika.

Jumlah Tip untuk Penata Rambut

Dalam hal memberi tip kepada penata rambut Anda, selalu gunakan aturan emas 20 persen, kata Daniel Post, juru bicara Emily Post Institute, organisasi yang memberikan saran dan pelatihan etiket untuk outlet berita dan perusahaan di seluruh dunia.

"Ingat bahwa seperti pelayan di restoran, penata rambut bergantung pada tip sebagai bagian dari pendapatan mereka," katanya dikutip dari Real Simple, 17 Mei 2023.

Selama musim liburan, Anda bisa memberikan tambahan 10 persen dari tip sebelumnya, jika anggaran memungkinkan.

Banyak salon tidak mengizinkan Anda memberikan tip pada kartu kredit, jadi pastikan untuk membawa cukup uang tunai saat Anda tiba di tempat janji temu.

"Masyarakat kita perlahan menjadi tanpa uang tunai, tetapi dalam dunia tip, uang tunai adalah raja," kata Sharon Schweitzer, pakar etiket internasional dan pendiri Protocol & Etiquette Worldwide.

Sebagian besar salon juga memiliki situs web sendiri dengan daftar layanan dan harga, atau setidaknya kisaran harga (terkadang tarif layanan bervariasi tergantung siapa yang memotong rambut Anda—pemilik salon, penata gaya senior?—dan seberapa panjang, kasar, atau tebal rambut Anda. adalah). Cari harga sebelum Anda pergi untuk mengukur berapa banyak uang tunai yang mungkin Anda perlukan.

Mengapa Anda Harus Memberi Tip

Meskipun memberi tip kepada penata rambut Anda jelas dianggap sebagai etika yang tepat, Anda juga harus merasa senang memberikan gratifikasi.

"Ingat bahwa kata 'gratuity' berasal dari 'terima kasih' (gratitude)," kata Post. "Alih-alih menganggap memberi tip sebagai kewajiban, tip adalah cara berterima kasih kepada seseorang yang memanjakan Anda dan membuat Anda terlihat dan merasakan yang terbaik."

Selain itu, menjadi pemberi tip yang andal sering kali terbayar dengan cara lain. "Ketika Anda memberi tip dengan baik, kemurahan hati Anda akan diingat saat Anda kembali lagi," kata Post, yang menunjukkan bahwa penata rambut Anda mungkin menawarkan fasilitas seperti potongan poni gratis atau perbaikan.

Jumlah Tip untuk Pencuci Rambut dan Pewarna Rambut

Seberapa banyak Anda harus memberi tip pada pewarna atau orang yang mencuci rambut Anda? "Anda harus memberi tip 20 persen untuk seluruh biaya layanan, bukan per individu," kata Schweitzer.

Jadi, jika biaya potong rambut dan pengering Anda total USD40, dan pewarnaan Anda USD60, total biaya layanan Anda menjadi USD100. Itu berarti Anda harus memberi tip USD20 dibagi antara pewarna rambut dan penata rambut.

Untuk yang mencuci atau mengeringkan rambut Anda, jumlah yang disarankan sebanyak USD4-USD5 karena mereka kemungkinan besar dibayar upah minimum dan sangat bergantung pada tip.

Yang Harus Dilakukan jika Belum Mengenal Pegawai Salon

"Ketika Anda memiliki tiga orang terpisah yang membantu Anda, akan membingungkan untuk memantau nama mereka dan apa yang harus mereka berikan, Anda bisa meminta bantuan manajer salon atau resepsionis di depan untuk membantu Anda mendistribusikan tip Anda atau menjelaskan sistem yang digunakan salon khusus ini," kata Post.

Tanyakan apakah tersedia amplop kecil untuk pembagian tip individu. "Memberi tip adalah sesuatu yang, bila dilakukan secara diam-diam, berkelas. Anda tidak boleh mencari tiga atau empat orang berbeda di salon untuk menunjukkan persenan Anda," katanya.

Haruskah Anda Memberi Tip Pemilik Salon?

Post mengatakan bahwa sebagian besar pemilik usaha kecil tidak mengharapkan tip, dan jika pemiliknya hadir di salon, tetapi tidak merawat rambut Anda, tidak ada alasan untuk memberi tip.

Tetapi jika mereka mengerjakan rambut Anda, mereka akan tetap menghargainya. Jika Anda tidak yakin, bicaralah. Tanyakan saja, "Saya tahu ini tempat Anda—apakah Anda menerima tip?"

Pemilik salon mungkin dengan senang hati menerimanya, menolaknya, atau membagikannya dengan penata rambut mereka.

Tidak Perlu Memberi Tip di Momen Ini

Satu-satunya saat Anda tidak boleh memberi tip adalah saat Anda membeli produk.  "Jika Anda memutuskan untuk membeli beberapa produk penataan rambut atau sampo, jangan berikan tip saat membayar," kata Schweitzer. Bila ingin tetap memberi tip kepada resepsionis, berikan secara terpisah, jangan digabung dengan transaksi pembelian.

"Gunakan 20 persen standar. Anda dapat menambahan atau mengurangi dari angka standar tersebut," kata Post, yang mengatakan Anda dapat memberi tip lebih sedikit jika pengalaman Anda tidak seperti yang Anda harapkan, atau lebih untuk pengalaman yang fenomenal. 

Pilihan Editor: Krisdayanti Cerita Terbiasa Memberikan Tip karena Pengalaman Masa Kecilnya

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."