Cara Membuat Salmon Panggang yang Tepat, Menurut Pakar Kuliner

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi salmon panggang atau grilled salmon. Foto: Freepik.com/Racool_studio

Ilustrasi salmon panggang atau grilled salmon. Foto: Freepik.com/Racool_studio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada beragam tantangan saat membuat salmon panggang, mulai dari dagingnya menjadi terbagi ke dalam beberapa bagian, lengket di panggangan, atau bahkan gosong. Untuk menghindari hal itu terjadi, Matthew Padilla, direktur inovasi kuliner True Food Kitchen di Amerika, menyebutkan ada dua faktor utama yang akan membuat atau merusak salmon di atas panggangan, yaitu panas dan kesabaran.

“Caranya adalah dengan memanaskan terlebih dahulu kisi-kisi dan panggangan agar enak dan panas — di atas 550ºF, atau akan lengket,” kata Padilla seperti dikutip dari Well+Good, 26 Mei 2023. Selain itu, Padilla merekomendasikan untuk membersihkan panggangan dengan sikat sebelum memasak ikan salmon agar tidak lengket.

Lantas, bagaimana cara mengetahui ikan salmon sudah siap untuk dibalik? Perhatikan masih lengket atau tidak.

“Anda akan tahu itu siap untuk diputar jika diangkat dari panggangan dengan mudah. Jika lengket, pertahankan sedikit lebih lama, ”kata Padilla. Dengan kata lain, bersabarlah. Saat ikan dimasak terjadi reaksi Maillard, reaksi kimia antara asam amino (seperti protein) dan gula pereduksi yang menghasilkan warna kecoklatan dan rasa karamel klasik.

Memasak ikan dengan api besar adalah kunci untuk menciptakan kerak dan reaksi kecoklatan yang mencegah ikan menempel ke permukaan atau hancur berantakan.

Untuk tanda panggangan crosshatch seperti restoran dan poin bonus untuk presentasi, Padilla merekomendasikan untuk menempatkan ikan pada sudut jam dua (sehubungan dengan kisi-kisi di atas panggangan) dan kemudian mengubahnya menjadi jam 10 begitu Anda bisa. Dia kemudian mengulangi proses di sisi lain untuk mendapatkan efek visual yang sama di kedua sisi.

Cara Memanggang Salmon di Atas Cedar Plank

Cara lain yang sangat mudah untuk memastikan bahwa salmon Anda tidak menempel di panggangan adalah dengan menggunakan papan cedar atau cedar plank yang juga memberikan rasa berasap dan lezat saat dimasak.

“Sebelum mulai memanggang, saya merendam papan selama dua hingga empat jam sebelum dimasak. Lalu saya menghangatkan panggangan, menambahkan papan, dan membiarkannya panas selama sekitar lima hingga tujuh menit,” kata Padilla.

“Akhirnya, saya meletakkan salmon tanpa kulit di atas papan — dengan bagian kulit menghadap ke bawah — dan memasak selama 10 hingga 15 menit. Tapi itu bisa bervariasi tergantung ukuran salmon."

Untuk salmon yang empuk, bersisik, dan tidak pernah kering, Padilla merekomendasikan untuk memasaknya dengan kematangan sedang atau hingga mencapai suhu internal sekitar 135ºF hingga 140ºF. Tetapi jika Anda lebih suka di sisi yang lebih jarang, dia mengatakan untuk mengincar 125ºF. Untuk tingkat kematangan medium rare sekitar 130ºF, medium 135ºF, dan medium-well sekitar 140ºF. Namun, perlu diingat bahwa USDA merekomendasikan memasak ikan hingga mencapai suhu internal 145ºF untuk mencegah risiko penyakit bawaan makanan.

Cara Memasak Salmon dengan Kulitnya

Untuk kulit yang sangat renyah, Padilla mencatat bahwa memasak salmon di atas wajan pada akhirnya lebih baik daripada memanggangnya. “Untuk kulit salmon, saya lebih suka memasaknya di wajan. Saya menghangatkan wajan dan menambahkan minyak zaitun. Begitu minyaknya baru mulai berasap, saya tambahkan ikannya, yang harus Anda bumbui sebelum dimasak di kedua sisinya,” katanya.

Kemudian, katanya, penting untuk mengawasi suhu wajan dengan menjaganya agar cukup panas, sehingga membakar kulit tetapi tidak terlalu panas hingga benar-benar gosong.

Secara keseluruhan, Padilla mengatakan proses ini akan memakan waktu sekitar tiga hingga empat menit, yang akan Anda ulangi di sisi lain. “Sekali lagi, Anda akan tahu apakah sudah siap untuk dibalik jika tidak lengket dan berwarna kecoklatan,” katanya.

Untuk rasa yang sempurna, dia merekomendasikan agar tetap enak dan sederhana. “Saya lebih suka garam laut yang enak, tetapi Anda benar-benar bisa merendamnya,” kata Padilla. Pilihan ada padamu.

Pilihan Editor: Yuk Makan Salmon dan Nikmati Segudang Manfaat Kesehatannya

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."