6 Cara Membuat Wajah Glowing di Musim Panas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Wajah glowing alias mulus dan bersinar adalah dambaan kebanyakan perempuan. Tapi apakah tampilan itu bisa tetap dimiliki di cuaca panas? Mengingat saat cuaca menjadi panas dan lembap, kulit bisa menjadi sangat kering dan terkelupas pada saat yang sama termasuk kulit wajah. Tak perlu risau, untuk membuat wajah glowing di musim panas, kamu perlu menemukan cara perawatan kulit yang tepat, melembapkan hingga menutrisi epidermis kulit.

Berikut sejumlah cara membuat wajah glowing di musim panas menurut Dr. Chytra V Anand, Ahli Dermatologi Kosmetik dan Pendiri Klinik Kosmoderma, Bangalore, India, seperti dikutip dari Hindustan Times, Rabu, 24 Mei 2023.

1. Tabir Surya

Pertama dan yang terpenting, penerapan tabir surya alias sunscreen. Tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit dengan mencegah radiasi ultraviolet (UV) diserap. Radiasi UV dapat menyebabkan kulit terbakar yang membuat tabir surya menjadi alat penting untuk tetap aman di bawah sinar matahari.

Merek tabir surya di pasaran menggunakan sun protection factor (SPF) untuk menunjukkan seberapa baik suatu produk dapat memblokir sinar ultraviolet B (UVB), yang merupakan penyebab utama kulit terbakar. Angka SPF yang lebih tinggi menunjukkan perlindungan yang lebih besar dari sinar UVB. Misalnya, tabir surya dengan SPF 30 memblokir sekitar 97% sinar UVB, sedangkan SPF 50 memblokir sekitar 98% sinar UVB.

2. Asam Hialuronat Oral

Asam hialuronat oral mengacu pada konsumsi suplemen asam hialuronat dalam bentuk kapsul, pil, atau cairan.  Meskipun asam hialuronat banyak digunakan dalam kosmetik topikal dan pengisi kulit, akhir-akhir ini asam hialuronat semakin populer sebagai suplemen oral.  Mengonsumsi asam hialuronat oral dapat memberikan sejumlah manfaat seperti mengurangi tanda-tanda penuaan, dan hidrasi kulit yang lebih baik.

3. Menggunakan Astaxanthin untuk Kulit

Astaxanthin adalah antioksidan kuat yang mendapat perhatian karena kemungkinan manfaatnya bagi kulit.  Astaxanthin banyak digunakan secara oral sebagai suplemen makanan, tetapi saat ini juga digunakan sebagai komponen topikal dalam beberapa produk perawatan kulit. 

Astaxanthin memiliki kemampuan untuk meningkatkan hidrasi kulit dan retensi kelembapan. Bahan ini membantu meningkatkan fungsi penghalang alami kulit dengan mengurangi kehilangan air transepidermal (TEWL), yang menjaga kulit tetap lembap dan sehat. 

Dampaknya yang paling penting dan tervalidasi secara ilmiah adalah perlindungan UV, menjadikannya teman terdekat kulit sepanjang musim panas.

Baca juga: Rahasia Kulit Glowing ala Aktris Korea, Sheet Mask Mengandung Serum

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."