Mengenal Clarissa Wirogo, Desainer Muda Peraih Modest Young Designer Competition 2023

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Clarissa Wirogo/Foto: Doc. Pribadi

Clarissa Wirogo/Foto: Doc. Pribadi

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaClarissa Wirogo, adalah sosok anak muda berbakat yang berhasil meraih juara pertama dalam ajang kompetisi fashion Modest Young Designer Competition 2023. Bermula dari awal ia memasuki dunia fashion, yang sebetulnya bukan merupakan pilihan awalnya. 

Awalnya ia tertarik dengan interior, namun sang ibu menyarankan untuk ke fashion saja. Akhirnya, ia cobalah untuk mendalami bidang fashion ini. "Akhirnya kecemplung lah di dunia fashion," candanya. Ketika ia mantap untuk mengambil fashion sebagai bidang studinya ini, desainer muda bertekad untuk serius menjalaninya hingga akhir. 

Perjalanan Mengikuti Kompetisi MYDC

Awalnya, ia mengetahui informasi ini dari tempat magangnya. Awalnya, ia hanya sebatas ingin coba-coba mengikuti kompetisi saja, tanpa adanya harapan apa-apa. Model Young Designer Competition juga merupakan kompetisi pertama yang ia ikuti, ia pun mengakui selama masa seleksi, dirinya merasa deg-degan dan clueless. 

"Ini bukan dunia yang aku pahami dengan benar-benar, ini masih awal juga kan, jadi agak linglung dan bingung. Campur aduk lah pokonya," ungkapnya saat menjaadi bintang tamu Cerita Cantika, Jumat, 19 Mei 2023. 

Proses untuk mengikuti kompetisi MYDC ini juga memakan waktu yang lumayan lama, pertama hal yang harus dilakukan adalah mengirimkan desain yang sudah dibuat, kemudian dalam rentang waktu satu hingga dua bulan, diseleksilah 50 peserta, setelah itu 15 besar. Setelah terpilih 15 besar ini, akan ada brief meeting melalui zoom perihal desain apa yang kemudian mereka akan rancang untuk pertunjukkan. "Lumayan panjang prosesnya, dari 50 hingga 15," jelas Clarissa.

Lebih lanjut, ia berkata bahwa selama proses kompetisi ia terkadang overthinking, namun sang ibu beserta dosennya kerap membantu untuk menyemangatinya. Karena dari awal ia tak berharap apa-apa, terpilihnya ia dalam 15 besar pun membuat dirinya terkejut. 

Clarissa sempat bertanya kepada sang dosen dan sang ibu "gimana ya Pak/Bu/Mah, apa aku ngundurin diri aja, karena kan semester tujuh mau ke semester delapan juga sibuk nyusun skripsi," ceritanya.

Ia pun diberikan pencerahan oleh sang dosen, diberi motivasi serta dukungan oleh kedua orang tuanya, akhirnya ia pun bertahan hingga akhir meraih predikat juara. Setelah itu, karyanya pun bisa tampil di ajang internasional Hong Kong Fashion Week.

Pilihan Editor: Pemenang MYDC 2023, Clarissa Wirogo Tampil di Hong Kong Fashion Week

WIDYA FITRIANINGSIH 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."