4 Alasan Pentingnya Perusahaan Siapkan Asuransi untuk Karyawan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi karyawan/Pexel

Ilustrasi karyawan/Pexel

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaKaryawan adalah salah satu aset berharga yang harus dijaga oleh perusahaan. Kebutuhan kesejahteraan karyawan telah menjadi perhatian dan menjadi strategi Human Resource (HR) berbagai perusahaan sebagai investasi jangka panjang. Salah satu yang bisa dilakukan oleh perusahaan adalah dengan menyediakan asuransi jiwa dan kesehatan. 

Berikut beberapa keutungan perusahaan siapkan asuransi kesehatan bagi karyawan menurut President Director Sequis Financial Edisjah. Anak perusahaan Sequis Life melalui unit bisnisnya Employee Benefit Business (EBB) menyediakan produk asuransi kesehatan kumpulan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. “Kepercayaan dari berbagai perusahaan di Indonesia tentu memberikan dampak positif bagi kinerja kami,” kta Edisjah dalam keterangan pers yang diterima Cantika pada 23 Mei 2023.

1. Karyawan Ingin Perlindungan Finansial dari Risiko Kesehatan

Karyawan masih masih menilai upah yang diterima setiap bulan atau fasilitas bekerja yang mumpuni masih kurang baginya. Karyawan juga memperhatikan fasilitas perlindungan finansial jika terjadi risiko kesehatan dan keuangan yang mungkin timbul pada kemudian hari. Beberapa contoh yang bisa dialami karyawan adalah harus dirawat di rumah sakit, terkena penyakit kritis, terjadi risiko musibah kecelakaan hingga risiko tutup usia. Hal ini juga sudah menjadi pertimbangan bagi pencari kerja dalam melamar pekerjaan di suatu perusahaan karena manfaat tersebut di atas dipandang cukup penting. 

2. Asuransi Swasta Bantu Persingkat Birokrasi Dibanding BPJS

Fasilitas perlindungan bagi karyawan yang umum dan wajib disediakan oleh perusahaan di Indonesia adalah jaminan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Namun, jika perusahaan melengkapi fasilitas perlindungan dengan asuransi swasta maka akan sangat membantu karyawan karena saat berobat bisa langsung mengunjungi dokter spesialis atau dokter umum di IGD/UGD di rumah sakit mitra perusahaan asuransi tanpa sistem domisili dan tidak perlu melalui sistem rujukan dahulu ke fasilitas kesehatan (faskes). 

3. Beri Nilai Positif untuk Perusahaan

Edisjah yakin dengan memberikan perlindungan asuransi kesehatan bagi karyawan, tentu hal itu akan memberikan nilai tambah bagi perusahaan, yakni para karyawan berkemauan untuk bekerja lebih produktif dan menunjukkan performa positif, ikut menjaga citra dan reputasi perusahaan serta berkontribusi meningkatkan nilai bisnis. Mereka bisa bekerja dengan tenang karena finansial keluarga sudah terjaga sehingga gaji atau bonus yang mereka terima bisa digunakan secara maksimal untuk kesejahteraan anggota keluarganya. 

4. Bantu Pengelolaan Anggaran Perusahaan

Perusahaan yang melengkapi karyawannya dengan asuransi juga akan dipandang positif oleh klien, mitra bisnis, dan masyarakat. Selain itu, melengkapi karyawan dengan asuransi juga akan membantu perusahaan mengelola anggaran, yakni tidak perlu menanggung biaya kesehatan yang nominalnya tidak bisa secara pasti diprediksi dan sulit diukur. Anggaran dengan jumlah yang pasti sudah dialokasikan saat awal pembukuan perusahaan sehingga perusahaan tidak menjadi khawatir soal risiko biaya perlindungan kesehatan, kecelakaan, perlindungan jiwa dan lainnya untuk karyawannya.  

“Mengingat kebutuhan asuransi karyawan sudah semakin tinggi maka kami berkomitmen mendukung para nasabah korporasi agar bisnisnya dapat semakin berkembang. Komitmen kami antara lain melakukan inovasi produk agar dapat memenuhi kebutuhan berasuransi yang semakin berkembang dan meningkatkan layanan dengan  memberikan jaminan kesehatan yang tidak berjenjang dan menyediakan berbagai manfaat perlindungan kesehatan termasuk pengobatan akupuntur dengan besaran premi yang terjangkau,” kata Edisjah. 

Saat ini Sequis menyediakan solusi perlindungan bagi karyawan antara lain Asuransi Rawat Inap Kumpulan, Asuransi Rawat Jalan Kumpulan dengan tambahan penggantian biaya pengobatan gigi, biaya melahirkan dan kacamata, Asuransi Cacat Tetap Total (Total Permanent Disability/TPD), Asuransi Kematian dan Kecacatan Akibat Kecelakaan (Accident Death & Disability), Asuransi Penyakit Kritis (Critical Illness) dan lainnya yang premi dan manfaatnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Pilihan Editor: Hari Asuransi, Simak Tips Pilih Asuransi Paling Tepat

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."