Mengulik Manfaat Peptida untuk Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada beragam kandungan baik yang perlu ada dalam perawatan kulit atau skincare, salah satunya peptida. Mari kita segarkan ingatan kembali, peptida adalah rangkaian asam amino, yang merupakan fondasi dalam membuat protein dalam tubuh.

Peptida berfungsi sebagai blok bangunan, tidak hanya untuk kolagen, tetapi juga serat elastin, yang membentuk kekencangan dan elastisitas kulit kita. Dengan kata lain, peptida adalah rangkaian asam amino yang membentuk fondasi untuk serat kolagen dan elastin baru di bawah kulit. 

Mekanisme ini bekerja dengan cara mengaktifkan proses penyembuhan pada tubuh, karena peptida dapat memberikan sinyal untuk memulai pemulihan tubuh.

Mungkin kamu pernah mendengar tentang manfaat peptida untuk kulit, tetapi pernahkah Anda bertanya-tanya apa itu peptida dan apa manfaatnya pada kulit?

Menurut Dr Neha Dubey, Konsultan Dokter Kulit Medis dan Kosmetik di Meraki Skin Clinic di Gurugram, India, selain penting untuk kulit, peptida juga berperan penting dalam banyak fungsi tubuh lainnya. Sebab peptida ada di setiap sel manusia.

Peptida memberi tahu tubuh kita untuk memproduksi lebih banyak kolagen di tempat yang paling kita butuhkan. Mungkin terdengar sedikit menakutkan, tetapi ketika kamu  memasukkan peptida eksogen ke dalam kulit, baik dalam bentuk pelembap atau serum, peptida akan menipu kulit untuk berpikir bahwa telah terjadi cedera/luka dan memulai proses peningkatan kolagen.

Setelah usia 30 tahun, kita mulai kehilangan kolagen dengan kecepatan 1 persen per tahun. Di situlah peran peptida eksogen muncul.

Menurut ahli perawatan kulit, ada berbagai jenis peptida yang ada di dalam tubuh kita dan beberapa di antaranya secara khusus bermanfaat bagi kulit.

Jenis- jenis Peptida

1. Peptida Sinyal

Peptida jenis ini paling umum digunakan dalam perawatan kulit. Peptida ini merangsang produksi protein struktural yang membantu menjaga kekencangan pada kulit.

2. Peptida Carrier (Pembawa)

Peptida ini dinamai demikian karena merupakan kendaraan/pembawa yang sangat baik untuk elemen-elemen seperti tembaga dan magnesium dalam produk perawatan kulit.

3. Peptida Neurotransmitter

Ditemukan dalam suntikan seperti botox. Peptida ini bekerja dengan mengendurkan otot-otot wajah tertentu untuk mengatasi garis-garis dan kerutan.

4. Peptida Penghambat Enzim

Peptida ini bekerja dengan cara menghentikan proses hilangnya kolagen secara alami dari kulit.

Manfaat Peptida untuk Kulit

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari peptida dari formulasi topikal, carilah komposisi bahan yang stabil. Dalam hal ini, dokter kulit Anda dapat memandu.

Ketika kita mengaplikasikan peptida ke kulit dalam bentuk topikal seperti pelembap atau serum, hal ini dapat merangsang proses peningkatan kolagen, dapat membantu memperbaiki tampilan garis-garis halus, keriput dan seluruh tekstur kulit.

Sementara itu, peptida tembaga dapat memicu produksi elastin dan kolagen yang membantu kulit Anda terlihat dan terasa kencang."

Jadi, peptida untuk kulit dapat membantu memperbaiki dan meningkatkan penghalang kulit, mempertahankan kelembapan dan kulit tidak terlalu rentan terhadap pemicu lingkungan dan stres. Jadi, ketika penghalang kulit Anda kuat, Anda tidak terlalu rentan terhadap kulit kering, gatal, kemerahan dan peradangan. Satu tips terakhir, ketika memilih peptida, pilihlah peptida tanpa bilas daripada pembersih agar peptida yang baik itu terserap.

WIDYA FITRIANINGSIH | HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."