Kisah Dwina, Peraih Gelar Master of Science Melalui Beasiswa; Jangan Takut Mencoba

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Dwina, Peraih Gelar Master of Science di University of Tokyo melalui  beasiswa/Foto: Doc. Ajinomoto

Dwina, Peraih Gelar Master of Science di University of Tokyo melalui beasiswa/Foto: Doc. Ajinomoto

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Keberanian, kepercayaan diri, kesungguhan, persiapan akademis yang matang, dan doa membawa Dwina Juliana Warman-mahasiswi asal Bogor, menggapai mimpinya untuk melanjutkan studi S2 di Jepang. Didukung oleh Ajinomoto Scholarship atau beasiswa, saat ini Dwina telah lulus dan meraih gelar Master of Science Fakultas Pertanian & Ilmu Hayati - University of Tokyo.

"Tips dari saya adalah jangan pernah takut untuk mencoba dan jangan berhenti untuk mengejar mimpi besar kalian. Saya pikir banyak dari teman-teman yang merasa kurang percaya diri atau takut untuk mencoba beasiswa Ajinomoto karena hanya ada satu orang penerima beasiswa saja setiap tahunnya. Beasiswa menjadi salah satu kesempatan besar untuk bisa mewujudkan mimpi teman-teman berkuliah di universitas terbaik di Jepang. Saya melakukan yang terbaik dalam mempersiapkan setiap tahapan seleksinya dan serahkan hasilnya kepada Tuhan," lanjutnya.

Dalam kisah suksesnya melalu beasiswa Jepang, Dwina juga menceritakan bagaimana dirinya diberikan kesempatan langka untuk mempunyai sebuah publikasi (jurnal) internasional di tahun pertamanya berkuliah, sehingga turut membantu dirinya untuk mendapatkan nilai yang baik dalam pembuatan tugas akhir nya guna meraih gelar Master of Science.

"Ketika itu saya boleh memiliki sebuah publikasi internasional, padahal waktu itu saya masih mahasiswi S2 tingkat pertama. Di Jepang, sangat sedikit mahasiswa S2 yang memiliki kesempatan untuk menulis sebuah jurnal internasional, apalagi di tahun pertama. Namun saya sangat bersyukur karena dosen pembimbing saya sangat mendukung saya untuk menjadi seorang scientist, dan beliau memberikan saya kesempatan untuk menulis sebuah jurnal yang kemudian diterbitkan di jurnal Nutrients pada 10 Februari 2022," ujar Dwina.

"Selama saya menjalani master programsaya bersyukur dapat lolos seleksi menjadi 20 peneliti muda Asia dan terpilih menjadi leader dalam "IUNS International Workshop on Capacity and Leadership Development in Nutritional Sciences 2021". 

Dwina adalah satu-satunya peserta dari Indonesia dan peserta paling muda di dalam kelompok. Selain momen yang menyenangkan, tentunya sama seperti kebanyakan international student lainnya, ia juga pernah merasakan homesick dan rindu masakan Indonesia. 

Mahasiswi yang gemar membaca buku ini kemudian menceritakan lebih lanjut perihal rencana-rencananya setelah lulus dan meraih gelar Master of Science dari University of Tokyo. "Setelah ini saya berharap bisa terus memperdalam ilmu yang telah saya pelajari agar saya bisa berkontribusi lebih banyak kepada masyarakat luas. Jadi, saya memutuskan untuk melanjutkan studi S3 di bidang yang sama di University of Tokyo", ungkap Dwina.

Dwina merupakan peraih Ajinomoto Scholarship pada tahun ajaran 2020. Bagi Dwina, mengikuti seleksi Ajinomoto Scholarship sangat ketat dan menantang. Menurutnya Ajinomoto Scholarship itu program beasiswa yang luar biasa, setiap tahunnya hanya memilih satu orang peraih beasiswa. Jadi bisa dibilang Ajinomoto mencari yang terbaik untuk diberikan beasiswa melanjutkan studi ke Jepang.

"Saya merasakan bahwa Ajinomoto sangat mendukung anak bangsa untuk terus maju dan berkembang agar kelak bisa bermanfaat dan berdampak bagi Indonesia dan masyarakat luas. Program beasiswa Ajinomoto berperan penting dalam penyelesaian studi S2 saya di Universitas Tokyo, karena berkat beasiswa yang diberikan, saya tidak perlu khawatir mengenai kecukupan biaya hidup dan kuliah, dan saya bisa fokus pada studi saya," ungkap Dwina melalu siaran pers kepada Cantika, Kamis, 18 Mei 2023. 

Pilihan Editor: Miss Indonesia 2022, Audrey Vanessa bagi Tips Tembus Beasiswa Kampus Luar Negeri

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."