Untuk Pemilik Rambut Tipis, Begini Cara Merawat, Menata, hingga Potongan Rambut yang Cocok

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita rambut tipis. Shutterstock

Ilustrasi wanita rambut tipis. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaSama seperti tubuh kita yang memiliki berbagai bentuk dan ukuran, begitu pula rambut kita. Dan, setiap jenis rambut memerlukan pertimbangan khusus. Apakah rambut Anda keriting, bergelombang, atau lurus secara alami, ada juga tekstur rambut yang perlu diperhatikan seperti halus, tipis, kasar, dan sebagainya. Kali ini, kita mengulik seputar perawatan dan penataan rambut tipis.

Pertama-tama, ketahuilah bahwa meskipun halus dan tipis sering digunakan secara bergantian, faktanya berbeda. Rambut tipis berarti Anda memiliki kepadatan (atau jumlah) rambut per inci persegi yang lebih sedikit, sementara rambut halus mengacu pada sempitnya diameter helai rambut, tetapi Anda masih bisa memiliki banyak rambut di kepala.

Cara Merawat Rambut Tipis

Jika Anda memiliki rambut tipis, kemungkinan Anda keramas secara teratur agar tidak terbebani oleh minyak atau produk. Tetapi Anda tidak ingin keramas berlebihan dan membuat kerusakan atau kekeringan, jadi sebagian besar pakar rambut setuju bahwa boleh saja mencuci rambut tipis dua hari sekali. Jika Anda mengondisikan, gunakan sesuatu yang ringan dan pastikan untuk menjauhkannya dari kulit kepala Anda, alih-alih fokuskan dari bagian tengah batang rambut ke ujung.

Dalam hal perawatan sehari-hari, lakukan perawatan rambut dengan lembut. Saat menyisir rambut, mulailah dari bagian bawah rambut Anda dan kerjakan bagian-bagian kecil sekaligus, kata Lars Skjøth, pendiri dan kepala ilmuwan penelitian Harklinikken, merek yang terkenal dengan protokol perawatannya untuk membantu orang menumbuhkan rambut yang lebih kuat, lebih panjang, dan lebih tebal. Dan lakukan dengan mudah pada rambut basah

"Air melemahkan ikatan di dalam helai rambut, menghilangkan hingga sepertiga kekuatannya," jelasnya dikutip dari PopSugar, Jumat, 12 Mei 2023. "Rambut basah atau lembap karenanya dapat lebih mudah patah, robek, atau robek saat disisir atau disikat."

Baca juga: Perbedaan Rambut Halus dengan Rambut Tipis, Menurut Pakar Rambut

Produk Terbaik untuk Rambut Tipis

Sasaran rambut untuk rambut tipis kemungkinan melibatkan pengangkatan dan kepenuhan, jadi pastikan Anda menggunakan produk yang tepat untuk rambut tipis. Jika Anda ingin memulai dengan dasar-dasarnya, seperti sampo terbaik untuk rambut tipis.

Jika Anda mencari perawatan rambut tipis, cobalah serum kulit kepala yang berfungsi menenangkan kulit kepala dan mengurangi kerontokan.

Penata gaya, Miguel Luis dari Rita Hazan Salon yang berbasis di New York, Amerika Serikat adalah penggemar penggunaan duo pengental seperti Oribe Maximista Thickening Spray dan volumizer seperti Oribe Thick Dry Finishing Spray.

"Saya menggunakan semprotan penebalan pada rambut lembap di bagian akar untuk menciptakan daya angkat dan semprotan akhir pada rambut kering untuk menambah kepenuhan gaya secara keseluruhan," katanya.

Bagian penting dari metode Luis: membalikkan kepala saat menggunakan semprotan akhir. "Jika saya lupa, percayalah, klien saya akan mengingatkan saya," katanya.

Anda juga dapat memilih produk texturizing untuk menambah kesan rambut berisi, tetapi dia memperingatkan bahwa overtexturizing dapat membuat rambut menggumpal dan terlihat lebih tipis, jadi lebih sedikit lebih baik. 

Juga, periksa daftar bahan pada produk Anda. "Untuk menata rambut tipis, saya merekomendasikan produk ringan dengan minyak sesedikit mungkin," kata Fabian Lliguin, salah satu pendiri merek kecantikan Rahua.

Perhatikan bahwa jika Anda akan menggunakan banyak produk penataan rambut secara teratur, sebaiknya gunakan sampo yang mengklarifikasi seperti Nunzio Saviano Detox Hair & Scalp Gentle Shampoo setiap minggu untuk menghilangkan penumpukan.

Jika Anda belum beruntung dengan salah satu opsi di atas dan Anda sedang mencari kemungkinan membuat tampilan rambut lebih tebal, bisa menguji ekstensi rambut yang cocok dengan Anda.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."