6 Manfaat Wijen untuk Kesehatan Tubuh, Baik untuk Jantung, Tulang, dan Sendi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi biji wijen. shutterstock.com

Ilustrasi biji wijen. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di ulasan kesehatan kali ini, kita mengulik manfaat wijen. Tahukah Anda bahwa wijen adalah makanan super termasyhur dan salah satu biji tersehat yang bisa Anda makan. Selain menjadi agen penyedap yang luar biasa, biji ini dikemas kandungan kaya gizi yang dapat memberikan manfaat kesehatan bagi setiap orang yang memakannya.

Sejarah Wijen

Biji wijen berasal dari Sesamum indicum, tanaman tahunan hijau lebat, mengingatkan pada kemangi yang tumbuh terlalu banyak, yang menghasilkan bunga berbentuk tabung yang indah selain bijinya yang berbentuk tetesan air mata. Biji minyak ini memiliki sejarah panjang dan kaya.

Jejak wijen tertua ditemukan di tempat yang sekarang disebut Lembah Indus di Pakistan 4.000–6.000 tahun yang lalu dan telah menjadi makanan pokok internasional sejak itu. Wijen juga memiliki makna khusus dalam masakan Cina selama berabad-abad.

Sesamum indicum linn, nama ilmiah untuk biji ini, tersedia dalam berbagai warna termasuk putih, krem, coklat, merah, dan hitam legam.

Anda dapat mengharapkan rasa ringan dan pedas dari mereka dengan sedikit rasa bersahaja yang cocok untuk hidangan gurih dan manis. Wijen juga dapat berfungsi sebagai elemen tekstur yang unik, menawarkan kerenyahan halus yang sempurna untuk resep Anda.

Manfaat Wijen untuk Kesehatan Tubuh

Anda mungkin terkejut saat mengetahui betapa banyak nilai gizi yang ditawarkan biji wijen, terutama mengingat ukurannya yang kecil. Berikut adalah beberapa manfaat wijen yang perlu Anda ketahui.

1. Mengandung Protein dan Vitamin B

Di dalam wijen, terdapat protein dan vitamin B yang bersama-sama akan memberikan dorongan energi yang serius. Tiga sendok makan biji wijen mengandung 5 gram protein serta vitamin B thiamin, niasin, vitamin B6, dan folat dalam jumlah yang mengesankan.

Selain menyediakan energi, protein membantu tubuh memelihara dan membangun jaringan yang sehat, termasuk otot. Sebagai pemain penting dalam metabolisme energi di seluruh tubuh, vitamin B juga mendukung tingkat energi yang sehat.

2. Mendukung Pencernaan yang Sehat dan Mikrobioma Usus

Manfaat wijen selanjutnya adalah kaya serat, baik varietas larut maupun tidak larut. Jenis serat ini membantu menjaga keteraturan pencernaan sekaligus mengatasi masalah seperti diare dan sembelit. Plus, serat larut memberi makan bakteri sehat kita di mikrobioma usus, membantu tidak hanya meningkatkan kesehatan pencernaan, tetapi juga kesehatan seluruh tubuh.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."