Benarkah Mandi Air Dingin Bisa Mengatasi Jerawat? Ini Kata Dokter Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mandi. ewater.com

Ilustrasi mandi. ewater.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mandi air dingin mempunyai sederet manfaat bagi tubuh. Selain bisa mempercepat pemulihan otot, mandi air dingin juga meningkatkan energi, dan membuat rambut Anda terlihat berkilau. Lantas, apakah benar mandi air dingin bisa mengatasi jerawat seperti yang digaungkan di platform video? Jawabannya tidak sepenuhnya benar, menurut beberapa dokter kulit.

"Jika Anda sedang berjerawat, mandi air dingin mungkin dapat meredakan gejala peradangan, tetapi tidak bekerja untuk mengatasi penyebab munculnya jerawat," kata Heather Woolery-Lloyd, dokter kulit bersertifikat di Miami, Amerika Serikat, dikutip dari Well+Good, Kamis, 27 April 2023.

Seperti diketahui bahwa jerawat memiliki empat penyebab utama, yaitu keratinisasi abnormal (ketika pori-pori menjadi lengket dan menahan sel kulit mati dan kotoran), peningkatan produksi sebum (alias minyak kulit berlebih), bakteri, dan peningkatan peradangan. Secara teori, mandi air dingin bisa membantu dengan bagian terakhir itu.

"Mandi air dingin dapat bermanfaat bagi peradangan dan dengan demikian, berpotensi memperbaiki aspek jerawat tersebut," kata Ranella Hirsch, dokter kulit bersertifikat di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Namun, peradangan yang menyertai jerawat adalah akibat dari tiga penyebab lainnya, yakni pori-pori tersumbat oleh minyak, bakteri, dan kotoran kulit, lalu sel peradangan bekerja dan mencoba membantu situasi tersebut.

Baca juga: Pemicu Utama Jerawat, Stres dan Diet Tidak Sehat

"Sel inflamasi diperlukan untuk melakukan hal-hal seperti melawan infeksi. Namun, dalam kondisi seperti jerawat, mereka terlalu aktif," kata Elizabeth Kream, dokter kulit bersertifikat di New York, Amerika Serikat. "Sel-sel peradangan ini memicu respons peradangan yang membuat lesi jerawat tampak merah dan marah."

Dan untuk benar-benar mengatasi peradangan akibat jerawat, Anda mungkin membutuhkan sesuatu yang jauh lebih intens daripada mandi, kata Dr. Hirsch.

Jadi, meskipun mandi air dingin dapat membantu meredakan peradangan jerawat, namun tidak sampai ke akar penyebab peradangan.

"Mandi air dingin yang cepat tidak mungkin memiliki efek jangka panjang pada lesi jerawat — itu tidak akan membuat pori-pori lebih tersumbat atau kurang tersumbat," kata Dr. Woolery-Lloyd.

Produk yang Disarankan untuk Mengatasi Jerawat

Jika Anda sedang menangani lesi jerawat yang menyakitkan dan menginginkan ketenangan jangka pendek, Dr. Hirsh mengatakan ada baiknya mandi air dingin. Tetapi jika Anda benar-benar ingin mengetahui sumber jerawat dan mengatasinya, dia mengatakan untuk menggunakan bahan-bahan sebenarnya yang diketahui dapat membantu penyebab yang mendasari jerawat Anda.

Kedua dokter kulit merekomendasikan antiseptik benzoil peroksida, pengelupasan asam alfa dan beta-hidroksi, dan retinoid yang menginduksi pergantian sel. Bahkan jika Anda memiliki kulit sensitif atau sedang mencari produk yang lembut, Anda tetap bisa menggunakan bahan-bahan tersebut.

Woolery-Lloyd merekomendasikan produk dari Cetaphil, yaitu the Triple-Action Acne Serum, the Mattifying Acne Moisturizer, dan the Clarifying Acne Cream Cleanser. Ketiga produk tersebut mengandung asam salisilat dan bahan lain seperti bisabol, prebiotik, dan lidah buaya untuk menenangkan peradangan.

Woolery-Lloyd juga menyukai Differin Adapalene Gel bagi mereka yang tidak dapat menoleransi tretinoin. Keduanya adalah retinoid (alias turunan vitamin A), dan adapalene lebih kuat dari retinol tetapi lebih lemah dari tretinoin. "Adapalene adalah apa yang digunakan ahli kulit selama bertahun-tahun untuk jerawat kulit sensitif," katanya. "Differin baik-baik saja jika Anda memiliki kulit sensitif, gunakan saja tiga kali seminggu dengan pelembab berbahan dasar ceramide."

Jika opsi OTC tidak memotongnya, pergilah ke dokter kulit bersertifikat. "Kami memiliki banyak produk resep hebat yang sangat berguna untuk jerawat kulit sensitif yang sangat saya sukai," kata Dr. Woolery-Lloyd. Jika mau, biarkan mandi air dingin menenangkan jerawat Anda yang marah dan menyakitkan, tetapi pastikan untuk memasukkan bahan-bahan yang benar-benar akan menyelesaikan pekerjaan.

Pilihan Editor: Selain Turunkan Berat Badan, Mandi Air Dingin Bermanfaat untuk Kesehatan Mental

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."