Ketahui Autoimun SLE yang Dialami Isyana Sarasvati, Gejala dan Pengobatannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Isyana Sarasvati/Foto: Instagram/Isyana Sarasvati

Isyana Sarasvati/Foto: Instagram/Isyana Sarasvati

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi, Isyana Sarasvati ungkap dirinya mengidap Systemic Lupus Erythematosus (SLE) atau yang biasa dikenal dengan lupus. Penyanyi lagu Keep Being You ini mengunggah foto dirinya diinfus di kamar rumah sakit pada Kamis, 20 April 2023.

Isyana Sarasvati Didiagnosis Lupus Tahun Lalu

Isyana Sarasvati mengungkap bahwa dirinya didiagnosis terkena penyakit autoimun jenis Systematic Lupus Erythematosus (SLE) pada 2022. "Mungkin banyak yang bertanya-tanya aku kenapa, kayak bolak-balik RS melulu beberapa waktu belakang. Intinya, akhir tahun lalu aku didiagnosis autoimun, salah satunya SLE," tulis teman duet Raisa dalam lagu Anganku Anganmu tersebut.

Isyana Sarasvati Alami Flare dan Dirawat di Rumah Sakit

Melalui unggahan Instagramnya, Isyana Sarasvati mengakui bahwa saat ini dirinya sedang dalam kondisi flare. "Nah sekarang lagi flare. Begitu. Hehe. Sudah ditangani dengan sangat baik di sini, feeling so much better now (merasa sudah jauh lebih baik sekarang)," tutur Isyana.

Mengutip dari Lupus Foundation of America, kondisi flare menyatakan bahwa kondisi pasien yang sedang turun, kambuh, dan merasakan beberapa gejala penyakit lupus.

Publik Beri Dukungan ke Isyana Sarasvati 

Lewat unggahan Instagramnya, Isyana Sarasvati tetap memberikan energi positif dengan mengajak publik untuk tidak memforsir diri sendiri. "Please (tolong) sayang-sayang badan kalian. Kalau memang sudah kecapekan jangan diforsir, istirahat sejenak. Tidak apa-apa," tulis Isyana.

Pesan ini mendapatkan balasan dari publik di media sosial Isyana, baik di Instagram maupun di TikTok. "Syan setelah ini istirahat yang cukup ya, jangan terlalu forsir tenanganya. Kalau manggung juga kalem-kalem aja biar enggak capek. Sedih banget, jujur," tulis akun Vi** di TikTok Isyana.

Di Instagram, publik juga memberikan pesan dukungan untuk Isyana Sarasvati. Beberapa penyintas autoimun SLE memberikan semangat mereka supaya sang penyanyi bisa dinyatakan remisi. "Semangat Isyana, saya didiagnosa autoimun JRA dan AS sejak usia 12 tahun (sekarang 35 tahun).  (Saat) 12 tahun kena JRS, remisi, usia 20 tahun kumat jadi AS, remisi lagi sampai sekarang. (Jadi) kamu akan baik-baik saja, semangat ya," tulis @l_dhar***.

Apa itu lupus SLE? 

Melansir dari website Kementerian Kesehatan, penyakit lupus atau Systematic Lupus Erythematosus adalah penyakit autoimun reumatik, disebabkan oleh gangguan sistem pertahanan tubuh. Penyakit ini mengartikan sel pertahanan tubuh tidak mampu membedakan sel-sel sendiri dan asing yang membuatnya merusak organ tubuh.

Sistem kekebalan biasanya melawan infeksi dan bakteri berbahaya untuk menjaga tubuh tetap sehat. Penyakit autoimun terjadi ketika sistem kekebalan menyerang tubuh karena mengacaukannya dengan sesuatu yang asing. Ada banyak penyakit autoimun, termasuk lupus eritematosus sistemik (SLE).

Istilah lupus telah digunakan untuk mengidentifikasi sejumlah penyakit kekebalan yang memiliki gambaran klinis dan gambaran laboratorium yang serupa, tetapi SLE adalah jenis lupus yang paling umum. Orang sering merujuk ke SLE ketika mereka mengatakan lupus.

SLE adalah penyakit kronis yang dapat memiliki fase gejala yang memburuk yang bergantian dengan periode gejala ringan. Kebanyakan orang dengan SLE dapat hidup normal dengan pengobatan.

Menurut Lupus Foundation of America, setidaknya 1,5 juta orang Amerika hidup dengan lupus yang didiagnosis. Yayasan percaya bahwa jumlah orang yang benar-benar memiliki kondisi tersebut jauh lebih tinggi dan banyak kasus tidak terdiagnosis.

Gejala lupus SLE 

Gejala dapat bervariasi dan dapat berubah seiring waktu. Gejala umum meliputi:

1. Kelelahan yang parah
2. Nyeri sendi
3. Pembengkakan sendi

4. Sakit kepala
5. Ruam di pipi dan hidung, yang disebut "ruam kupu-kupu"
6. Rambut rontok
7. Anemia
8. Masalah pembekuan darah
9. Jari memutih atau membiru dan kesemutan saat dingin

Gejala lain tergantung pada bagian tubuh yang diserang penyakit, seperti saluran pencernaan, jantung, atau kulit. Gejala lupus juga merupakan gejala dari banyak penyakit lain, yang membuat diagnosis menjadi rumit. Jika Anda memiliki gejala-gejala ini, temui dokter Anda. Dokter Anda dapat menjalankan tes untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk membuat diagnosis yang akurat.

Pengobatan SLE

Tidak ada obat untuk SLE. Tujuan pengobatan adalah untuk meringankan gejala. Perawatan dapat bervariasi tergantung pada seberapa parah gejala Anda dan bagian mana dari tubuh Anda yang terkena SLE. 

Perawatan yang bisa dilakukan antara lain:

1. Obat antiinflamasi untuk nyeri dan kekakuan sendi, seperti opsi ini tersedia online
2. Krim steroid untuk ruam
3. Kortikosteroid untuk meminimalkan respon imun
4. Obat antimalaria untuk masalah kulit dan persendian
5. Obat pengubah penyakit atau agen sistem kekebalan yang ditargetkan untuk kasus yang lebih parah
6. Bicarakan dengan dokter Anda tentang diet dan kebiasaan gaya hidup Anda.

Dokter Anda mungkin merekomendasikan makan atau menghindari makanan tertentu dan meminimalkan stres untuk mengurangi kemungkinan memicu gejala. Anda mungkin perlu menjalani pemeriksaan osteoporosis karena steroid dapat mengencerkan tulang Anda. Dokter Anda mungkin juga merekomendasikan perawatan preventif, seperti imunisasi yang aman bagi penderita penyakit autoimun dan pemeriksaan jantung.

Pilihan Editor: Gaya Fashion Isyana Sarasvati di Konser Uniqlo, Casual Berbalut Sweater Rajut

GABRIELLA AMANDA | MARVELA | HEALTHLINE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."