Tips Rumah Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran, Matikan Alat Elektronik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi mudik. Dok. Pegipegi

Ilustrasi mudik. Dok. Pegipegi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Momen mudik ialah rutinitas tahunan yang kerap dilakukan oleh para pendatang di ibukota dan sekitarnya. Nah, agar tetap tenang saat berkumpul dengan keluarga besar di kampung halaman, perhatikan tips rumah aman saat ditinggal mudik lebaran

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi Hasan Basri membagikan tips agar rumah tetap aman saat ditinggal warga mudik Lebaran 2023. Menurut dia, ada tiga kiat yang dapat diterapkan pemudik.

"Beberapa tips ini penting untuk diterapkan agar rumah tetap aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan saat ditinggal mudik," kata dia di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat, 21 April 2023.

Berikut tiga tips rumah aman saat ditinggal mudik Lebaran:

1. Matikan alat elektronik

Sebelum meninggalkan rumah, pastikan steker atau stop kontak peralatan elektronik, seperti kulkas, dispenser, televisi, maupun pendingin ruangan serta peralatan dapur, seperti kompor gas tidak menyala.

Menurut Hasan, hubungan arus pendek listrik kerap menjadi pemicu utama beberapa kasus kebakaran rumah yang harus dihindari selama ditinggal pemilik.

2. Lapor RT/RW

Pemilik pun wajib melaporkan situasi rumahnya kepada rukun tetangga (RT) atau rukun warga (RW) setempat. Jika perlu, tutur dia, minta tolonglah kepada tetangga dekat untuk membantu mengawasi keamanan lingkungan. 

"Pastikan ketika meninggalkan rumah diketahui oleh RT atau RW di lingkungan tempat tinggal, sehingga keamanan lingkungan bisa tetap terjaga sekaligus menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," jelasnya.

Dengan cara ini, Hasan menuturkan, warga juga dapat mencegah kasus pencurian atau pembobolan rumah kosong melalui kegiatan pengawasan lingkungan secara optimal.

3. Titipkan hewan peliharaan

Dia mengimbau agar warga menitipkan hewan peliharaan kepada kerabat atau tempat penitipan terpercaya. Menurut Hasan, khusus untuk hewan reptil agar lebih diperhatikan dan tak sembarangan melakukan penanganan selama ditinggalkan.

"Bagi warga yang memiliki hewan peliharaan sebaiknya dititipkan. Jangan sampai ketika ditinggalkan, apalagi dalam waktu yang lama tidak terpelihara, sehingga menimbulkan masalah lain," ujarnya. 

Hasan menambahkan, Damkar Kabupaten Bekasi telah bersiaga mengantisipasi kebakaran atau insiden lain selama masyarakat mudik Lebaran 2023. Dia meminta warga untuk melaporkan langsung kejadian dengan menghubungi nomor layanan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi di 021-22137870/021-22162577 (Kantor Pusat), 021-88336732 (Sektor Tambun Selatan), dan 021-89101527 (Sektor Cikarang Utara). 

Pilihan Editor: Rekomendasi 7 Gerakan Peregangan selama Mudik, Menurut Dokter Spesialis Olahraga

LANI DIANA WIJAYA | ANTARA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."