Peringati Hari Kartini ala Selebritis, dari Nadine Chandrawinata hingga Chelsea Islan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Chelsea Islan/Foto: Instagram/Chelsea Islan

Chelsea Islan/Foto: Instagram/Chelsea Islan

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Peringatan Hari Kartini menjadi momen bagi perempuan untuk merefleksikan semangat juang salah satu pahlawan Indonesia tersebut. Berkat usaha dan perjuangannya lah perempuan bisa sampai pada titik ini, titik di mana pendidikan dan akses publik bisa dijangkau secara mudah. 

Berikut sejumlah unggahan para selebritis untuk memperingati hari lahirnya Kartini: 

1. Nadine Chandrawinata 

Nadine Chandrawinata mengunggah foto bersama putri tercintanya Nadi Djiwa Anggara dengan mengenakan busana spesial berupa kain lilit dari pewarna alam. 

"Selamat hari Kartini untuk semua perempuan Indonesia. Selalu menjadi inspirasi bagi banyak orang ya." 

2. Annisa Pohan 

Annisa Pohan mengunggah foto berkebaya bersama putri tunggalnya Almira Tunggadewi Yudhoyono. Ia merapalkan pesan khusus untuk Almira dengan momen peringatan Hari Kartini. 

"Anakku, semoga engkau bisa jadikan Ibu Kartini sebagai salah satu tauladanmu. Dalam kondisi yang penuh dengan keterbatasan bagi perempuan, Ibu Kartini berjuang agar dirinya dan kaum perempuan yang lain dapat mewujudkan cita-cita dan melangkah bebas menentukan arah hidup sesuai keinginan mereka."

Annisa juga berharap sang putri menjadi perempuan kuat  seperti Kartini yang dalam keadaan sesulit apa pun dapat terus berjuang dalam mengatasi permasalahan itu, dan juga selalu saling mendukung perempuan lain untuk maju bersama.

Jangan jadikan gender kita menjadi hambatan untuk berkarya, terus berbuat tanpa melupakan kodrat kita sebagai perempuan yang kelak akan menjadi seorang istri dan ibu.

Jadilah perempuan yang berkualitas yang dapat menjadi wadah anakmu untuk belajar adab, akhlak dan ilmu kehidupan yang berbobot untuk bekalnya kelak mengarungi kehidupan.

"Anakku, kunci sukses bangsa ini ada di kita perempuan nak, perempuan sebagai sekolah pertama anak-anaknya sehingga akan menjadi mata rantai yang kokoh jika semua perempuan berilmu dan berkarakter baik. Selamat Hari Kartini! " tulisnya mengakhiri pesan. 

3. Maudy Ayunda 

Aktris muda dan penyanyi, Maudy Ayunda mengunggah fotonya berkebaya untuk memperingati Hari Kartini. "Selamat hari kartini, teman - teman!"

Maudy juga menuliskan jika ,isi ibu kartini patut kita ingat selalu: memperjuangkan potensi dan kemanusiaan perempuan. "Dan ini melampaui pendidikan perempuan - tetapi tentang pemberdayaan perempuan sebagai individu sehingga mereka dapat memilih, bertindak, dan berkembang tanpa hambatan gender."

Kartini, bagi Maudy menjadi perintis selama waktunya. Dia mengkritik dan melawan banyak hal yang dianggap kebenaran dan kebijaksanaan konvensional pada saat itu. "Semoga perjalanannya mengingatkan kita untuk selalu memendam rasa ingin tahu, mencari kebenaran, dan menantang ketidakadilan yang mungkin tersembunyi dalam “seharusnya” dan “harus” yang kita dengar hari ini," harapnya. 

4. Cinta Laura 

Cinta Laura mengunggah video khusus yang ia dedikasikan untuk Hari Kartini. "Aku pribadi bangga banget melihat perempuan Indonesia semakin berdaya dan luas kesempatannya. Tapi kalau aku observasi lebih jauh, apa iya, lapisan perempuan di Indonesia baik di kota maupun di desa sudah sepenuhnya merdeka?"

Cinta menelisik lebih jauh, masih banyak persoalan perempuan yang perlu perhatian. Salah satunya ialah perempuan yang punya latar belakang beda dengan di kota, di mana kalau di daerah masalah pelecehan, pemaksaan atau kawin paksa masih sering terjadi. 

"Ladies, kalian enggak boleh putus asa. Karena dengan dengan konsistensi dalam berjuang, aku yakin kapabilitas dan pencapaian para perempuan di luar sana akan semakin terlihat," ucapnya. 

Cinta sendiri mengimbau bahwa perempuan tak ada alasan tidak bisa melakukan apa pun, mulai mnejaid pemimpin, pengusaha, sosok kreatif, dan punya jiwa kompetitif. "Happ Kartini Day."

5. Chelsea Islan 

Mengunggah foto berkebaya putih rancangan desainer Ikat Indonesia Didiet Maulana, Chelsea Islan tampak anggun dan feminin. Pemeran Ayat-Ayat Cinta 2 ini juga mengucapkan selamat hari Hartini untuk para followersnya. 

"Selamat Hari Kartini untuk semua perempuan Indonesia! Hari Kartini adalah momen yang sangat berarti bagi perempuan Indonesia. Semoga perjuangan Ibu Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan Indonesia terus diingat dan di apresiasi oleh masyarakat. Perempuan adalah pembawa peradaban."

Pilihan Editor: Hari Kartini, Habis Gelap Terbitlah Terang untuk Selamanya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."