Risiko Kesehatan Makan Kue Lebaran Berlebihan, Bukan Cuma Berat Badan Naik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kue Nastar. Wikipedia.org

Ilustrasi kue Nastar. Wikipedia.org

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kue lebaran salah satu hidangan khas Idul Fitri. Ragam kue dengan cita rasa manis, gurih, dan tekstur renyah membuat kita menyantapnya berulang kali. Namun perlu diingat, hindari makan kue lebaran secara berlebihan. Menurut pakar gizi dari Universitas Indonesia, Dr. Rita Ramayulis makan kue lebaran secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama, akan menambah kadar kalori dalam tubuh yang memicu risiko sejumlah penyakit berbahaya.

Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA) itu menjelaskan kue lebaran pada umumnya terbuat dari tiga bahan utama, yaitu tepung terigu, gula, dan mentega. Ketiga bahan tersebut memiliki kadar kalori tinggi yang berasal dari dua zat utama yaitu karbohidrat sederhana dan lemak.

“Kalau mengonsumsi (kalori) berlebihan maka seseorang akan mendapatkan energi berlebih, kalau energi itu berlebih dan terjadi dalam waktu yang relatif lama misalnya telah mencapai 3.500 kilokalori dalam satu minggu maka sudah pasti seseorang akan mengalami kenaikan berat badan,” kata Rita saat dihubungi Antara pada Rabu, 19 April 2023.

Dia menambahkan jika kadar kalori dalam tubuh mencapai 3.500 kilokalori dalam satu minggu, maka tubuh akan mengalami kenaikan berat badan sebesar setengah kilogram dan akan menjadi lebih besar jika kadar kalorinya makin tinggi.

Selain berat badan yang meningkat, risiko lain yang bisa muncul adalah penyakit diabetes melitus karena meningkatnya kadar gula darah, hiperkolesterolemia atau meningkatnya kadar kolesterol dalam darah, dan peradangan pada organ pencernaan dan tenggorokan.

“Konsumsilah kue lebaran itu seperti kita melakukan proses cicip mencicip, jadi tidak dimakan dalam porsi besar,” sarannya.

Rita menjelaskan pada dasarnya kadar kalori dalam setiap kue lebaran relatif sama, yang membedakan adalah jika dalam kue tersebut terdapat kandungan pemanis tambahan, seperti selai nanas pada kue nastar.

Pilihan Editor: Kreasi Resep Kue Lebaran Berbahan Cokelat, Choco Peanut Cookies 2 Varian

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."