Menyetir Kendaraan saat Mudik, Konsumsi 5 Makanan yang Bisa Mencegah Kantuk

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi mudik. Dok. Pegipegi

Ilustrasi mudik. Dok. Pegipegi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mulai pekan ini warga ibu kota berbondong-bondong mudik ke kampung halaman masing-masing. Tentu saja persiapan sudah harus dilakukan termasuk bawa bekal makanan yang bisa menyebabkann kantuk. 

Sebagai alternatif, berikut ini ada lima jenis makanan yang dapat menangkal kantuk saat mudik:

1. Makanan dan Minuman Berkafein

Mengutip Healthline, kafein merupakan stimulan sistem saraf pusat yang meningkatkan kewaspadaan dan fokus. Karena efek ini, kafein dapat menurunkan rasa kantuk dan membuat seseorang tetap terjaga. 

Namun, apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak, kafein dapat menganggu siklus tidur alami. Dan mengakibatkan sulit tertidur di malam hari. 

2. Alpukat

Sarapan dengan satu buah alpukat dapat mengendalikan kantuk di pagi hari. Buah ini mengandung nutrisi, vitamin, mineral, dan lemak sebagai cadangan bahan bakar tubuh untuk memproduksi energi. 

Alpukat juga kaya serat dan mampu mengendalikan gula darah agar tetap stabil. 

3. Kacang Almond

Mengonsumsi segenggam kacang almond sebagai camilan sebelum makan siang bermanfaat memberikan energi dan mencegah kantuk. Almond menyedikan banyak nutrisi, protein, serat, dan lemak sehat tak jenuh. 

Kacang almond juga mengandung vitamin B yang akan diubah menjadi energi saat masuk ke dalam tubuh. 

4. Semangka

Semangka dapat menyegarkan tubuh dan mengatasi kantuk terkait kekurangan cairan. Buah ini mengandung 90 persen air dan padat nutrisi, mineral, dan antioksidan. 

Semangka cocok dikonsumsi saat sarapan dan makan siang.

5.Cokelat Hitam

Mengutip Healthy Sleep, cokelat hitam merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik untuk meningkatkan sirkulasi darah. Peningkatan aliran darah membantu mengurangi kantuk, kelelahan mental,  dan meningkatkan suasana hati. Cokelat hitam memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dibandingkan kopi. 

Pilihan Editor: Seminggu Jelang Lebaran, Tren Belanja Pakai Paylater Alami Kenaikan

DELFI ANA HARAHAP | HISYAM LUTHFIANA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."