Mei 2023, Camp Broadway Indonesia Bakal Tampil di New York

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(dari kiri) Cittadewi Abhassara, Rania Salsabila Azzahra, Adit Marciano, Jane Callista, Asira Shifa Widiarto, dan Hitadewi Abhassara dalam konferensi pers

(dari kiri) Cittadewi Abhassara, Rania Salsabila Azzahra, Adit Marciano, Jane Callista, Asira Shifa Widiarto, dan Hitadewi Abhassara dalam konferensi pers "Camp Broadway Indonesia Goes to Carneige Hall, New York, di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, pada Sabtu, 15 April 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kabar bahagia datang dari dunia teater musikal Indonesia. Lima murid Camp Broadway Indonesia (CBI) bakal tampil di acara gala ulang tahun ke-40 New York Pops Orchestra di Carneige Hall, New York, pada 1 Mei 2023. Kelima murid itu akan tampil bersama New York Pops Orchestra dan anak-anak dari seluruh dunia di gedung konser kebanggaan Amerika Serikat itu.

Siapa saja kelima murid pilihan itu? Mereka adalah Jane Callista (15), Rania Salsabila Azzahra (15), Asira Shifa Widiarto (16), Hitadewi Abhassara (14), dan Cittadewi Abhassara (12).

Menurut Adit Marciano selaku Direktur Artistik Camp Broadway Indonesia, kelima anak tersebut dipilih melalui proses audisi yang ketat.

"Tentunya proses (audisi) ini cukup ketat, tidak hanya panitia Camp Broadway Indonesia sendiri yang memilih murid yang akan ke New York, tim broadway New York juga hadir bergabung memilih kelima murid kami. Sudah sangat terpercaya dan yakin kelima murid ini bisa merepresentasikan indonesia di Carneige Hall," ucap Adit di konferensi pers di Taman Ismail Marzuki, pada Sabtu, 15 April 2023.

Menurut Adit, kelimanya terpilih dari puluhan peserta yang mengikuti audisi pada Februari 2023 di Taman Ismail Marzuki atau TIM.

Adit juga menceritakan bahwa awalnya perwakilan Indonesia hanya diberi tiga slot penampil di New York. Kemudian, ada penambahan dua slot saat proses audisi.

"Kami awalnya hanya diberi tiga slot. Kami sangat bangga dengan talenta yang kami saksikan saat audisi pada bulan februari 2023. Oleh karena itu, kami diberi dua slot lagi menjadi lima slot," kata pria yang pernah mengikuti pelatihan Broadway di Amerika Serikat selama Sabtu dan Minggu pada tahun 2014 itu.

Kelima anak pilihan Camp Broadway Indonesia yang akan tampil di acara gala ulang tahun ke-40 New York Pops Orchestra di Carneige Hall, New York, Amerika Serikat, pada 1 Mei 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Pembekalan dan Pelatihan

Usai terpilih, kelima anak tersebut mendapatkan pembekalan dan pelatihan untuk persiapan penampilan mereka di kota Big Apple. Latihan dan pembekalan selama tiga bulan tersebut dilakukan di TIM.

"Anak-anak sudah berlatih kelas pembekalan dan masterclass menyanyi, menari, dan akting, didampingi saya sendiri, Nala Amrytha selaku koreografer, Viviane Uribe sebagai Direktur Pengembangan Camp Broadway Indonesia," ujarnya.

Selama proses latihan, Adit mengatakan memberikan ruang yang nyaman dan aman untuk anak-anak berkarya serta berekspresi.

"Menunjukkan kepada mereka tidak apa-apa berbuat salah, kita semua belajar dari kesalahan, dan 
meyakinkan mereka bahwa industri teater musikal tidak seseram yang mereka lihat, Camp Broadway Indonesia meyakinkan industri ini juga aman dan nyaman untuk anak," tuturnya.

Gambaran Penampilan di New York

Adit juga mengatakan untuk materi lagu kelima anak CBI di New York ditentukan langsung oleh pihak orkestra. "Untuk lagu yang mereka pentaskan di sana, terlebih dahulu mereka akan melalui dua hari program latihan pada tanggal 29-30 April 2023, lalu pada tanggal 1 mei 2023 mereka akan tampil. Untuk proses materinya, dari New York langsung (yang menentukan)," imbuhnya.

Yang sudah dipastikan kelima anak ini akan tampil bersama Barry Manilow dan menjadi bagian dari 45-50 anak yang terpilh dari seluruh dunia. "Semoga momen ini dapat menjadi motivasi bagi anak-anak Indonesia yang mempunyai bakat menari, bernyanyi, dan berakting," kata Adit.

Meski belum mendapatkan materi lagu apa yang akan dibawakan, Adit meyakinkan program dan workshop yang dijalani di Indonesia mirip dengan apa yang akan mereka lakukan di New York.

(ketiga dari kiri) Adit Marciano Direktur Artistik Camp Broadway Indonesia bersama kelima anak yang bakal tampil di acara gala ulang tahun ke-40 New York Pops Orchestra di Carneige Hall, New York, Amerika Serikat, pada 1 Mei 2023. Mereka adalah Cittadewi Abhassara, Rania Salsabila Azzahra, Jane Callista, Asira Shifa Widiarto, dan Hitadewi Abhassara. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Tak hanya dari penampilan di atas pangggung, kelima anak pilihan CBI ini bakal menjadi representatif Indonesia untuk semakin mengenalkan budaya Tanah Air ke dunia. "Untuk proses materi yang dibawa, tentu kita selalu membawa materi yang mempromosikan budaya Indonesia ke internasional lewat kostum, suvenir, dan lainnya," tegasnya.

Usai tampil di New York, Adit mengatakan kelima anak pilihan ini akan menjadi duta CBI mempromosikan program dan tampil di beberapa acara televisi. "Kami pastikan mereka akan tetap tampil di beberapa acara televisi, talkshow, dan kami juga sudah beberapa materi promosi setelah kembali dari New York," pungkasnya.

Sekilas tentang Camp Broadway Indonesia

Camp Broadway Indonesia (CBI) merupakan satu-satunya lembaga resmi di Indonesia yang memegang lisensi dari Camp Broadway New York sebagai tempat pelatihan anak-anak, remaja, dan dewasa dalam bernyanyi, menari, dan berakting. CBI diketahui terbentuk pada akhir November 2022 dan dikelola oleh PT Asa Pentas Mahakarya dan PT Indolima Perkasa. Misi CBI adalah menjadikan teater sebagai tempat pengembangan untuk membangun kepercayaan diri, mengasah keterampilan, dan menemukan bakat unik setiap individu.

Pilihan Editor: Jadi Mowgli di Teater Musikal Internasional, Dira Sugandi Satu-Satunya Pemain Asal Asia

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."