Pentingnya Konsumsi Buah saat Sahur dan Berbuka Puasa, Cegah Dehidrasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi buah anggur. Foto: Unsplash.com/Gnter Hoffmann

Ilustrasi buah anggur. Foto: Unsplash.com/Gnter Hoffmann

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seperti yang diketahui, kebanyakan orang ketika memilih menu sahur yang dikonsumsi adalah makanan berat atau karbohidrat. Tanpa nasi, perut tidak akan kenyang. Namun, Anda bisa mencoba mengganti nasi dengan sumber karbohidrat dengan buah-buahan, misalnya salad buah

Ahli Gizi Nazhif Gifari mengatakan pentingnya pola hidup sehat dan asupan gizi yang seimbang supaya tetap fit di bulan Ramadan. Walaupun dalam kondisi berpuasa, menurut Nazhif, cara paling mudah untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit adalah dengan pola makan yang baik, makan makanan yang memiliki kandungan gizi lengkap dan seimbang, rutin berolahraga, serta turunkan tingkat stres.

“Makanan bergizi lengkap tentunya harus lezat agar nafsu makan kita bertambah. Nah, salah satu yang bisa membuat nafsu makan kita bertambah saat berbuka puasa maupun santap sahur adalah menu makanan yang menyegarkan seperti buah-buahan,” ungkap Nazhif dalam di acara Mayumi Fruit Salad Launching - Manfaat Konsumsi Buah saat Sahur dan Berbuka Puasa, Selasa, 11 April 2023. 

Mayumi Fruit Salad Launching - Manfaat Konsumsi Buah saat Sahur dan Berbuka Puasa, Selasa, 11 April 2023/Foto: Cantika.com/Ecka Pramita

Buah memiliki kandungan zat gizi mikro terdiri dari vitamin dan mineral yang cukup banyak, pemenuhan zat gizi ini sangat dibutuhkan tubuh terlebih dalam kondisi berpuasa. Kemudian, kandungan antioksidan dalam buah juga berperan
dalam imunitas tubuh, menurunkan risiko penyakit PTM, serta kandungan air untuk metabolisme tubuh khususnya selama menjalani puasa saat ini.

Dosen Gizi dari Universitas Esa Unggu ini  menjelaskan bahwa salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan cairan saat berpuasa adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air.

“Tentu sangat banyak manfaatnya kalau mengonsumsi buah saat puasa. Karena pada dasarnya, konsumsi air kita tetap harus sama, (yaitu) delapan gelas," kata Nazhif.  Buah yang memiliki kadar air tinggi antara lain adalah melon, pepaya, semangka, pir dan apel. Selain mengandung air, buah-buah tersebut juga mengandung vitamin, antara lain vitamin A, vitamin B dan vitamin C. 

Buah-buahan itu juga mengandung mineral berupa kalium, kalsium dan magnesium yang sangat bermanfaat bagi tubuh terutama ketika berpuasa. "Jadi, buah penting juga dikonsumsi saat sahur atau berbuka,” kata Nazhif.

Ketika sahur, Nazhif menganjurkan untuk mengonsumsi buah beberapa saat sebelum waktu imsak, setelah makan makanan berat. Buah yang memiliki kadar air tinggi cocok dikonsumsi saat sahur supaya seseorang tidak cepat merasa haus atau dehidrasi ketika seharian berpuasa.

Pilihan Editor: 6 Kreasi Sop Buah untuk Buka Puasa, Ada Sop Buah Segar dan Sop Buah Jelly Segar

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."