Bukber Semakin Ramai, Penjualan Kategori Fashion Paling Laris Selama Awal Ramadhan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi belanja online / e-commerce. freepik.com

Ilustrasi belanja online / e-commerce. freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Platform belanja daring Tokopedia merilis kategori apa saja yang paling laris selama 2 pekan Ramadhan 2023. Mereka mencatat peningkatan yang cukup tajam di kategori fashion selama 2 pekan awal Ramadhan ini. Penjualan baju muslim keluarga bahkan naik hingga tujuh kali lipat dibandingkan dengan dwimingguan biasa sepanjang kuartal I 2023.

"Fashion adalah salah satu yang paling meningkat di awal Ramadhan 2023 ini," kata Direktur Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak pada 10 April 2023. 

Ia melanjutkan bahwa scarf wanita dan baju koko pria juga mengalami peningkatan transaksi di dua minggu pertama Ramadhan 2023, masing-masing sebesar hampir enam kali lipat dan lebih dari lima kali lipat.

Menurut Nuraini, peningkatan transaksi yang signifikan pada produk kategori fashion itu disebabkan karena masyarakat banyak mengikuti kegiatan seperti buka puasa bersama yang membuat mereka menjadi lebih memperhatikan penampilan.

Selain fesyen, Nuraini mengatakan peningkatan transaksi juga terlihat pada kategori otomotif, rumah tangga, perawatan diri, serta makanan dan minuman.

Pada kategori perawatan diri, Tokopedia mencatat parfum dan cologne, produk kesehatan gigi dan mulut, serta perlengkapan mandi menjadi sejumlah produk yang paling diburu masyarakat.

Sedangkan pada kategori otomotif, produk seperti spare part mobil, produk perawatan mobil, dan produk interior mobil, menjadi yang paling laris, membuktikan bahwa masyarakat tengah mempersiapkan kendaraan agar prima untuk digunakan saat mudik. "Interior mobil seperti kasur mobil tempat tisu mobil, dan bantal mobil juga mengalami peningkatan transaksi hampir dua kali lipat," kata Nuraini.

Pada kategori produk Rumah Tangga, produk yang mengalami peningkatan transaksi signifikan adalah perlengkapan ruang tamu dan keluarga seperti sarung bantal, cover sofa dan taplak meja, penyimpanan makanan seperti toples makanan, aluminium foil dan plastik wrapping, dan peralatan baking seperti cetakan kue, kuas kue dan tatakan kue.

Sementara itu pada kategori makanan dan minuman, Tokopedia mencatat produk seperti hampers atau parsel, tepung dan buah menjadi sejumlah produk yang paling laris, dengan peningkatan rata-rata transaksi lebih dari dua kali lipat. "Buah kurma bahkan peningkatan penjualannya tercatat lebih dari tiga kali lipat," ujar Nuraini.

Melihat tingginya antusiasme masyarakat dalam berbelanja online lewat Tokopedia saat Ramadhan, Nuraini mengatakan Tokopedia berupaya membantu pelaku usaha memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya, untuk menciptakan peluang tanpa hambatan (zero barriers) lewat berbagai inisiatif. Salah satunya adalah inisiatif yang berpendekatan Hyperlocal seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Tokopedia NYAM!, hingga Dilayani Tokopedia.

Pilihan Editor: Tips Cari Baju untuk Bukber, Tetap Tampil Mewah dengan Brand Lokal

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."