Mengulik Tas Branded Milik Istri Rafael Alun yang Disita KPK, dari Dior hingga Hermes Birkin

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Selama dua tahun berturut-turut, tas mewah dari rumah mode Hermes menduduki puncak indeks, dengan harga naik 17 persen pada 2020. (Foto: Instagram/@hermes)

Selama dua tahun berturut-turut, tas mewah dari rumah mode Hermes menduduki puncak indeks, dengan harga naik 17 persen pada 2020. (Foto: Instagram/@hermes)

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaRafael Alun adalah mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang tengah disorot atas dugaan menerima gratifikasi senilai puluhan miliar rupiah. Sosok ayah Mario Dandy ini hidup dengan gaya yang sangat mewah, bahkan istri Rafael yang bernama Ernie Meike Torondek terkenal sebagai kolektor tas mewah dengan harga fantastis.

Berbagai tas branded mewah milik istri Rafael Alun telah disita oleh penyidik KPK, termasuk merek terkenal yang sulit didapatkan seperti Hermes Birkin dan Hermes Kelly karena menggunakan bahan alami dan diproduksi secara manual. 

Berikut lima koleksi tas branded milik istri Rafael Alun.

1. Chanel Classic Flap Bag 

Istri Rafael Alun mengoleksi Chanel Classic Flap Bag dengan tiga ukuran berbeda, yakni small, medium, dan large. Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi menampilkan tas istri Rafael Alun ini dengan warna nude, hitam, dan beige. Chanel Classic Flap Bag dibuat pertama kali pada 1983 dengan jahitan ikonik Chanel yang anggun dan klasik. Tas mewah ini dibandrol USD 10.200 atau sekitar Rp 152 juta. Kemudian, tas berwarna beige diketahui tersedia dalam situs preloved Huntstreet seharga Rp 77,2 juta.

2. Hermes Kelly

Bukan hanya merek terkenal Chanel, istri Rafael Alun memiliki koleksi Hermes Kelly berwarna merah yang dihiasi syal cantik. Dibuat dari kulit mewah dan strukturnya yang indah, tas impian wanita sosialita ini dibandrol USD 11.300 atau setara Rp 168,6 juta. Menariknya, tas yang berharga tinggi ini tidak dapat dibeli sembarangan karena hanya pelanggan terpilih yang telah ada dalam daftar tunggu yang sangat panjang yang bisa mendapatkannya. Sebab itu, banyak orang yang membeli tas ini dalam situs preloved seperti 1stDibs seharga USD 18.693 atau Rp 278,9 juta. 

3. Tas Hermes Birkin

Birkin merupakan tas Hermes termahal dengan bahan kulit premium. Hermes menggunakan bahan kulit anak sapi, kulit buaya, dan kulit burung unta sejak 1837 yang dibuat secara manual. Ernie Meike memiliki tas Hermes Birkin berwarna oranye yang sangat mewah. Produk terbatas yang tidak bisa dibeli oleh sembarangan orang ini bisa didapat apabila pelanggan dinilai layak untuk membelinya. Hermes Birkin dibandrol seharga USD 9.000  atau sekitar Rp134 juta. Sebab itu pula banyak yang menjual produk preloved Hermes Birkin dengan harga tiga kali lipat lebih mahal mencapai USD 26.900 atau setara Rp 400 juta. 

4. Dior Blue Oblique Book Tote

Tas mewah Ernie dengan merk Dior Blue Oblique Book Tote juga disita. Dua tas beda ukuran ini merupakan produk tas mewah yang dirilis pada 2018 dan pernah digunakan oleh artis populer seperti Luna Maya dan Nagita Slavina.

Dior Book Tote menampilkan desain yang kasual, elegan, dan fungsional. Tas mewah ini memiliki lima ukuran berbeda mulai dari small, medium, maupun variasi motif yang indah. Melalui situs resminya, tas ini dibandrol seharga USD 3.500 atau sekitar Rp 52 juta dan bisa didapatkan dalam situs preloved seharga Rp 30 juta.

5. Louis Vuitton Monogram Multicolor

Tas terakhir yang masuk dalam daftar sitaan bermerk Louis Vuitton Monogram Multicolor. Tas yang rilis pada 2003 ini memiliki desain yang klasik dengan motif monokrom menarik. Istri Rafael Alun memiliki tas Louis Vuitton Monogram Multicolor berwarna putih dan gagang berwarna coklat.

Tas branded ini merupakan bagian dari koleksi jenama asal Perancis dan seniman kontemporer Jepang bernama Takashi Murakami yang berhasil membuat berbagai macam variasi produk. Namun, tas Louis Vuitton Monogram Multicolor sudah tidak diproduksi sejak 2015 dan dibandrol seharga Rp 25 juta dengan harga preloved di Huntstreet seharga Rp 10 juta.

Pilihan Editor: Deretan Tas Hermes Birkin yang Jadi Incaran, Paling Mahal 29 Miliar

MEUTIA MURTI DEWI | YAYUK WIDIYARTI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."