Sisca Soewitomo bagi Tips Memilih Menu Buka Puasa; Gorengan Boleh, Asal Selang-seling

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
ilustrasi gorengan (Freepik.com)

ilustrasi gorengan (Freepik.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ibadah puasa bulan Ramadan sudah memasuki pekan kedua, umumnya saat berbuka puasa kita gelap mata dengan semua makanan yang disediakan. Oleh karena itu penting untuk kita memilah dan juga memilih menu buka puasa apa saja yang akan kita konsumsi selama bulan Puasa Ramadan guna memenuhi asupan kebutuhan nutrisi sehari-hari. 

Chef Desi Trisnawati dan Ibu Sisca Soewitomo pun membagikan tips memasak menjadi lebih sehat selama berpuasa dibulan Ramadan. Chef Desi Trisnawati, Juara Master Chef Indonesia Season 2 menjelaskan bahwa kita harus paham bahwa ketika kita sedang berbuka puasa ataupun sedang makan pada umumnya, kita harus mengetahui bahwa poinnya adalah nutrisi yang masuk.  

Banyak orang yang tidak paham terkait akan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya sendiri. Makanya, ketika buka puasa terkadang disediakan banyak gorengan. Namun, menurut survei, 34 persen pengguna Cookpad memilih resep sehat dan menghindari gorengan karena mereka mulai paham gaya hidup yang sehat itu merupakan hal yang sangat penting salah satunya adalah asupan kebutuhan nutrisi. 

Dengan mengetahui apa saja nutrisi yang harus kita konsumsi, kita mempelajari bahwa makanan ini mengandung nutrisi apa saja, sehingga kita bisa mengombinasikan keduanya (makanan sehat dan juga makanan yang mengandung minyak berlebih). Ketika kita sudah paham inti dari nutrisi, kemudian tinggal kita aplikasikan saja ke dalam kehidupan sehari-hari.

Sisca pun turut menambahkan "Kalau dari saya, jika hari ini sudah ada gorengan, besok kita tidak usah makan gorengan. Mencoba selang-seling dan memilah-milah makanan agar seimbang," jelasnya pada acara Cookpad Appreciation Day pada Jumat, 24 Februari 2023 lalu.

Ibu Sisca pun turut membagikan cara mensiasati sajian lebaran agar tetap seimbang dan sehat. Ia membagikan bahwa sebelum lebaran, sekitar 3-4 hari kita bisa memasak menu sajian lebaran terlebih dahulu dan memasukannya ke dalam lemari pendingin, yang penting minus santan. 

Jangan diberi santan terlebih dahulu. Barulah jika Hari Raya sudah tiba dimasukkan santannya ke dalam sajian tersebut. "Agar sajian lebaran menjadi lebih istimewa," ungkapnya. 

Ia membagikan "Santan sekarang tidak sulit, kita tidak perlu marut-marut (kelapa) yang kita butuhkan hanya gunting (santan kemasan)," jelasnya. Ia juga menyarankan untuk menghindari mengonsumsi sambal yang berlebih karena dapat membuat perut menjadi panas.

Pilihan Editor: Tips Ajari Anak Suka Memasak Sejak Dini ala Legenda Kuliner Sisca Soewitomo

WIDYA FITRIANINGSIH

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."