Dokter: Oralit Bukan untuk Cegah Dehidrasi Saat Puasa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Oralit. shutterstock.com

Oralit. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dokter spesialis penyakit dalam, Ari Fahrial Syam, mengatakan oralit tidak diperuntukkan mencegah dehidrasi saat puasa di bulan Ramadhan. "Jadi, kalau kita mengalami dehidrasi, maka kita mengonsumsi oralit, tapi bukan untuk mencegah," kata Ari Fahrial Syam yang dikonfirmasi di Jakarta, 24 Maret 2023.

Sebelumnya netizen ramau mengatakan bahwa oralit yang diminum saat Ramadhan ampuh membantu tubuh agar tidak haus dan lemas saat menjalankan ibadah puasa. Ari yang kini berpraktik di beberapa rumah sakit swasta di Jakarta memastikan bahwa informasi tersebut tidak benar.

Ari mengingatkan bahwa oralit itu mengandung garam dan gula. Sehingga orang dengan kondisi tertentu perlu mewaspadai kandungan yang ada dalam oralit itu. "Jadi pada orang-orang tertentu, yang misalnya punya masalah diabetes, gulanya bisa naik," katanya.

Ia mengatakan oralit juga mengandung bahan baku campuran garam. Sehingga orang dengan hipertensi bisa mendapatkan dampak buruk bila mengkonsumsi oralit dalam jumlah tinggi. "Kalau dia mempunyai hipertensi, maka tekanan darahnya bisa tinggi," katanya.

Narasi yang menyatakan bahwa oralit bisa mencegah dehidrasi, kata Ari, merupakan informasi yang keliru. "Oralit itu tujuannya untuk dehidrasi, jadi orang yang dehidrasi minum oralit agar dehidrasi tidak tambah parah," katanya.

Oralit boleh diminum untuk mengobati pasien dengan masalah diare. Orang diare ini biasanya ditandari dengan buang air besar yang encer lebih sering terjadi dari biasanya. Diare biasanya disebabkan oleh virus atau makanan yang terkontaminasi. "Jadi dia musti diperhatikan atau ada orang-orang yang memang karena diare, jelas itu ada suatu yang keluar, maka kita imbangi dengan minum oralit. Itu yang masih harus diperhatikan," katanya.

Sebelumnya, salah satu narasi terkait oralit mencegah dehidrasi di-posting oleh pemilik akun Twitter @sdenta. Dalam unggahannya, pemilik akun itu, menyarankan untuk sahur dengan segelas oralit dan segelas air putih. "Tip puasa saya, sahur cukup segelas oralit dan segelas air putih. Batalin puasa juga cukup segelas oralit dan segelas air putih, lanjut hidrasi secukupnya sampai sebelum tidur. Makan besar sekali, sebelum Isya, banyakin serat. Hindari buffet ayce, sisanya fokus ibadah," katanya.

Pilihan Editor: Selain Air, Anak yang Alami Diare Wajib Minum Oralit dan Zinc

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."