Viral di TikTok, Underpainting Makeup yang Bikin Riasan Lebih Alami

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi makeup. Unsplash.com

Ilustrasi makeup. Unsplash.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika kamu merupakan penggemar riasan no makeup look, kalian harus mencoba sebuah teknik riasan wajah terkini yang telah ditonton hampir 100 juta kali dalam platform jejaring sosial TikTok. Video tersebut menunjukkan kemampuannya membuat riasan, khususnya dengan kontur tampak lebih alami. 

Teknik ini disebut underpainting makeup, meskipun Namanya mungkin terdengar rumit, sebenarnya ini adalah teknik yang sangat sederhana yang dapat kamu kuasai dengan mudah. Jika memakai riasan, kalian mungkin sudah melakukan semua langkah-langkahnya. Pada teknik yang satu ini kamu hanya harus melakukan rangkaian riasan yang biasa kamu lakukan dengan urutan yang berbeda. 

Seorang Makeup Artist Alexis Oakley membagikan kiat-kiatnya yang dapat kalian pelajari lebih lanjut mengenai teknik ini, produk apa saja yang ia rekomendasikan untuk tampilan ini, dan panduan langkah demi langkah untuk melakukannya sendiri di rumah.

Apa yang dimaksud dengan underpainting makeup?

Underpainting adalah teknik riasan di mana kalian dapat mengaplikasikan riasan wajah kalian (seperti kontur, perona pipi, dan concealer) terlebih dahulu, di bawah alas bedak kalian. "Saya menyukai metode ini karena selalu menggunakan lebih sedikit produk dibandingkan jika kita mengaplikasikan tiap langkah dengan cara yang biasa," kata Oakley. Selain efisien, teknik ini menciptakan tampilan yang lebih menyebar, namun tetap terlihat halus dan bercahaya. Dengan kata lain, riasan wajah kalian akan terlihat seperti kulit asli (skin-like) dan bukan riasan wajah.

Teknik ini, meskipun pada dasarnya sederhana, namun membutuhkan beberapa pencampuran untuk memastikan bahwa penampilan riasan kamu terlihat alami. "Kunci dari riasan yang terlihat alami adalah membaurkannya hingga semua produk menyatu," kata Oakley.

Alih-alih mengaplikasikannya dalam jumlah yang banyak, aplikasikan setiap langkah dalam lapisan-lapisan tipis dan perlahan-lahan kembangkan sesuai dengan keinginan kalian. "Gunakan beauty blender diantara masing-masing tahapan agar produk benar-benar menyatu dengan kulit wajah kita," sarannya. 

"Produk kontur favorit saya untuk underpainting adalah formula krim, seperti Matte Cream Bronzer Sticks dari Milk Makeup," kata Oakley. "Saya suka karena produk ini memiliki rona kulit yang dingin sehingga membantu meniru bentuk tulang wajah alami kita." Sedangkan untuk concealer, Oakley merekomendasikan konsistensi cair karena akan membaur dengan lebih menyatu. Produk pilihannya adalah Jouer Liquid Concealer.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."