Masalah Keuangan Bikin Kamu Stres? Yuk Simak 7 Tips Berikut Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi perencanaan keuangan (pixabay.com)

Ilustrasi perencanaan keuangan (pixabay.com)

IKLAN

4. Periksa saldo Anda secara teratur

“Karena keuangan adalah sumber stres, banyak orang mengabaikan rekening bank mereka dan menghindari rencana anggaran bulanan," kata terapis Justine Carino. "Penghindaran membuat stres semakin buruk karena kita kurang kesadaran dan mulai merasa lepas kendali. keuangan. Penghindaran adalah mekanisme mengatasi kecemasan dan stres yang paling tidak membantu, tetapi ini yang paling umum digunakan. Jika Anda dapat melakukan rutinitas melihat rekening bank Anda setiap minggu, Anda akan dapat mencapai tujuan dan mengurangi stres.”

Jadi, buatlah rencana dan taruh di kalender Anda. Misalnya, periksa saldo rekening bank Anda setiap hari Rabu siang dan kartu kredit Anda setiap hari Minggu pukul 6 sore. Semakin banyak Anda melakukan ini, semakin mudah hasilnya.

5. Memiliki anggaran bulanan

Tidak ada yang menikmati penganggaran, tetapi ini membantu Anda menghemat uang dalam jangka panjang dan memberi Anda kesadaran dan kendali yang lebih besar atas keuangan Anda. Apakah Anda menggunakan aplikasi, membuat spreadsheet, atau meletakkan pena di atas kertas—cari tahu cara mana yang paling cocok untuk Anda.

5. Mendidik diri sendiri tentang mengelola uang

Ingin uang terasa tidak terlalu mengintimidasi dan atau mendidik diri sendiri tentang cara terbaik untuk memaksimalkan dana Anda? Lihat buku tentang kesehatan finansial dari perpustakaan setempat Anda atau beli judul yang terjangkau secara online. Berkomitmenlah untuk membaca beberapa bab dalam seminggu—atau apa pun yang cocok untuk Anda—dan mulailah merasa sedikit lebih berdaya dalam pengetahuan Anda tentang keuangan pribadi.

7. Bicaralah dengan seorang ahli

Mengurus keuangan Anda sendiri bisa menakutkan dan membebani. Jadi mengapa tidak mencari bantuan profesional? Perencana keuangan tahu cara memaksimalkan uang tunai, meminimalkan minat, dan memanfaatkan investasi sebaik-baiknya. “Bicaralah dengan orang kaya profesional melalui Foundation for Financial Planning atau mulailah mendidik diri sendiri melalui sumber daya seperti The Financial Diet, I Will Teach You To Be Rich, atau All the Colours,” kata Yáñez.

Pilihan Editor: Ketahui 3 Tanda Keuangan Sehat, Cicilan Tidak Boleh di Atas 30 Persen dari Pemasukan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."