Ini Alasan Mengapa Kamu Dianjurkan Pakai Lip Balm yang Mengandung SPF

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita dengan bibir merah alami dan gigi sehat. Freepik.com/jannoon028

Ilustrasi wanita dengan bibir merah alami dan gigi sehat. Freepik.com/jannoon028

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Membiasakan diri untuk menggunakan SPF, termasuk lip balm adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk kesehatan tubuh kita secara menyeluruh. Pengolesan setiap hari itu akan melindungi diri kita dari paparan sinar UV, yang pada akhirnya bertanggung jawab menyebabkan kanker kulit dan penuaan dini. 

American Academy of Dermatology (AAD) mengatakan bahwa sebaiknya oleskan SPF dengan spektrum luas sebesar 30 atau lebih tinggi pada kulit yang terpapar sinar matahari, dan setidaknya gunakan ulang setiap dua jam sekali.

Bibir adalah area yang sering dilupakan, tetapi sangat penting untuk mengaplikasikan SPF pada area ini juga. Faktanya, area ini mungkin lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari karena sering terpapar dan sering diabaikan. Kulit pada area ini juga cukup tipis dibandingkan dengan area kulit lainnya, kata dokter kulit bersertifikat Kristina Collins, M.D. 

"Sebagai seorang ahli bedah dermatologis yang telah melakukan lebih dari 15.000 operasi kanker kulit, termasuk banyak operasi pengangkatan pertumbuhan kanker di bibir, saya dapat meyakinkan bahwa di masa depan kamu akan berterima kasih karena telah melindungi area sensitif ini dengan SPF setiap hari," kata Dr. "Yang lebih penting lagi, ketika kami mendiagnosis dan mengobati kanker kulit di bibir, lokasi ini dianggap sebagai faktor risiko kanker menjadi sangat agresif." 

Selain kanker, Dr. Collins mengatakan bahwa kerusakan kronis akibat sinar matahari pada bibir dapat menyebabkan keriput, bersisik, penipisan, dan kekeringan. Bahkan ada kondisi yang disebut sebagai "actinic cheilitis" di mana bibir pecah-pecah secara terus menerus karena kerusakan akibat sinar UV, yang sangat tidak nyaman untuk ditangani.

Seberapa Banyak dan Seberapa Sering Kamu Harus Mengoleskan SPF pada Bibir?

Mengoleskan SPF pada bibir setiap hari, dan mengoleskannya kembali sesering mungkin, adalah pertahanan terbaik untuk melawan semua hal di atas. Mirip dengan saran yang diberikan untuk bagian kulit lainnya, sebaiknya gunakan SPF 30 atau lebih tinggi untuk bibir agar mendapatkan perlindungan yang memadai dari sinar matahari. 

Sebaiknya aplikasikan SPF bibir setidaknya setiap dua jam sekali saat berada di luar ruangan. Pastikan juga untuk mengoleskannya kembali setelah makan, atau jika kamu memiliki kebiasaan menjilat atau menggigit bibir. Sebagaimana bagian tubuh lainnya, penggunaan sepanjang tahun-hujan atau panas-adalah suatu keharusan, kata dokter kulit bersertifikat Diane Madfes, M.D.  

Jika cara ini terasa sulit untuk dilakukan, maka kamu bisa melakukan hal-hal lain yang dapat melindungi bibirmu dari sinar matahari, seperti memakai topi matahari, tetap berada di tempat yang teduh, dan menghindari jam-jam puncak sinar matahari (antara pukul 10 pagi dan 2 siang).

Rekomendasi Pelembab Bibir Terbaik dengan SPF

Lupakan apa yang kalian ketahui tentang lip balm dengan SPF. Di masa lalu, banyak dari produk ini yang terasa berkapur atau tebal, dan beberapa meninggalkan warna putih yang tidak menarik. Saat ini, lip balm SPF diformulasikan dengan bahan-bahan yang melembapkan, menutrisi, dan dapat memberikan semburat warna atau sedikit kilau. Berikut ini 3 rekomenadi para ahli perawatan kulit untuk berbagi lip balm SPF favorit mereka sehingga kamu bisa mempersempit daftar belanjaanmu.

1. Lorescience Sunforgettable Total Protection Color Balm

Sara Kranke mengatakan bahwa ini adalah lip balm dengan tabir surya pilihannya. Produk ini memiliki SPF 50 dan memiliki formula mineral yang juga melindungi dari agresor seperti polusi. Sebagai bonus, kamu dapat menggunakannya pada bibir dan pipi kamu!

2. Elta MD UV Lip Balm dengan SPF 36

Lip balm yang creamy ini dapat melembapkan, menghidrasi, dan mengunci kelembapan sekaligus melindungi dari sinar UV. Produk ini juga tahan air, menjadikannya pilihan tepat untuk hari di kolam renang atau bagi mereka yang cenderung minum banyak cairan sepanjang hari. Kranke dan Dr. Collins mengatakan bahwa ini adalah salah satu produk favorit mereka karena perlindungan spektrum yang luas dan formula yang melembapkan dan tahan air.

3. Eos SPF 30 Coconut Lip Balm

Ini pilihan lain yang terjangkau, ini dari eos. Kranke mengatakan, "Produk ini memberikan perlindungan yang baik dari sinar matahari melalui SPF 30 dan memiliki bahan-bahan yang memperkuat, seperti shea butter dan jojoba serta minyak kelapa, untuk memberikan kelembapan. Rasa kelapa dan nanas membuatnya semakin terasa menyenangkan dibibrmu.

Pilihan Editor: Tips Kulit Sehat saat Liburan Outdoor, Bawa Sunscreen dan Pelembab Bibir

WIDYA FITRIANINGSIH 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."