7 Tanda Tubuh Kekurangan Omega-3

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi nyeri. shuttersto.com

Ilustrasi nyeri. shuttersto.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Asam lemak omega-3 atau dikenal juga omega-3 merupakan jenis lemak tak jenuh yang berperan penting untuk kesehatan termasuk memengaruhi perkembangan otak, sistem saraf, dan sistem pengaturan peradangan dalam tubuh. Maka dari itu, tanda tubuh kekurangan omega-3 antara lain penurunan kemampuan kognitif, masalah kulit hingga gangguan suasana hati.

Sebelum mengulik lebih jauh tanda tubuh kekurangan omega-3, kita ketahui dulu beberapa fakta terkait lemak esensial sehat ini. Ada tiga jenis omega-3 yaitu, asam alfa-linolenat (ALA), asam eicosapentaenoate (EPA), dan asam dokosaheksaenoat (DHA).

“Sangat penting untuk mengonsumsi antara 250-500 mg kombinasi DHA dan EPA setiap hari agar tetap sehat, dan asupan ALA yang cukup adalah 1,1 gram untuk wanita dan 1,6 gram untuk pria," ujar ahli gizi, Alice Figueroa.

Omega-3 adalah asam lemak tak jenuh ganda yang membentuk fondasi banyak sel dalam tubuh. Karena tubuh tidak dapat membuat lemak ini sendiri, maka lemak ini merupakan jenis lemak yang harus Anda sertakan dalam rangkaian diet Anda. Itulah sebabnya mengapa asam lemak omega-3 disebut sebagai lemak esensial.

Ilustrasi suplemen omega 3. Shutterstock

Meskipun suplemen omega-3 membantu, lebih baik lagi menyantap dari sumber omega-3 alami. Anda dapat mengonsumsi ikan yang berlemak seperti salmon dan sarden. Sementara protein nabati yang menjadi sumber omega-3 adalah biji rami, biji chia, kenari, dan kedelai.

"Omega-3 adalah gizi yang penting bagi kesehatan daripada yang mungkin Anda sadari, dan penting bagi Anda untuk sadar bahwa Anda harus mendapatkannya dengan cukup sebelum tubuh Anda mulai memberitahu mengenai apa yang Anda lewatkan," jelas ahli gizi, Bhakti Arora Kapoor, seperti dikutip dari Hindustan Times, pada Senin, 13 Maret 2023.

Berikut tanda tubuh kekurangan omega-3 yang perlu kamu ketahui.

1. Kelelahan

Kelelahan adalah tanda kekurangan Omega-3, dan penelitian yang dilakukan tentang efek suplementasi omega-3 pada lupus (yang ditandai dengan nyeri sendi dan kelelahan), menemukan bahwa asam lemak omega-3 mampu untuk meredakan kedua gejala tersebut.

2. Kesulitan Berkonsentrasi

Jika fokus Anda mudah teralihkan dan sulit untuk berkonsentrasi pada pekerjaan atau aktivitas lainnya, Anda mungkin mengalami kekurangan omega-3. Sebab gizi ini penting untuk fungsi kognitif.

3. Masalah Kulit dan Rambut

Omega-3 juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Kondisi kulit kering dan bersisik termasuk tanda kekurangan Omega-3. Bahkan ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa suplemen omega-3 dapat membantu dengan kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis, serta kemampuannya untuk mengurangi peradangan dalam tubuh. Peningkatan jerawat juga tanda kekurangan Omega-3.

Sementara itu, penelitian juga telah menunjukkan bahwa suplemen omega-3 telah mengurangi kerontokan rambut pada wanita. Rambut kering, kusam, ujung bercabang, dan mulai rontok juga sinyal kekurangan asam lemak esensial ini.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."