3 Alasan Utama Kerap Tak Percaya Diri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita tak percaya diri. Foto: Pixabay.com/CaiHuuThanh

Ilustrasi wanita tak percaya diri. Foto: Pixabay.com/CaiHuuThanh

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tidak apa-apa untuk merasa tak percaya diri sesekali. Anda tidak bisa berada di puncak permainan Anda setiap saat, bukan? Ada masa di mana manusia merasa stres, lelah dan terkuras secara emosional atau mental. Pada titik waktu tersebut, kepercayaan diri seseorang turun ke tingkat yang sangat rendah. Akan tetapi terkadang, saat rasa percaya diri sulit tumbuh, bisa jadi karena alasan mendasar yang perlahan menghalangi hidup Anda. Berikut ini tiga alasan utama kerap tak percaya diri.

1. Trauma Masa Lalu

Jika Anda pernah menghadapi kegagalan di masa lalu atau memiliki pengalaman negatif, itu mungkin menjadi alasan besar mengapa Anda kerap tidak merasa percaya diri. Trauma masa lalu dapat memengaruhi Anda secara negatif dan mungkin menyulitkan Anda untuk mendapatkan kepercayaan diri dan kepercayaan dalam suasana saat ini.

Jika Anda pernah mengalami pengalaman buruk atau tidak berhasil dalam tugas tertentu, hal itu dapat membuat Anda meragukan kemampuan Anda di masa depan.

2. Perbandingan Tidak Sehat

Membandingkan diri Anda dengan orang lain bisa menjadi lereng licin yang menggerus kepercayaan diri. Jika Anda menemukan diri Anda dalam keadaan di mana Anda terus-menerus membandingkan diri Anda dengan orang lain, Anda mungkin kehilangan kepercayaan pada kemampuan Anda yang membuat Anda menjadi diri Anda sendiri.

Anda mungkin merasa tidak sebanding dengan orang lain. Dan kemudian, perasaan gagal, rendah diri, dan pikiran tentang kekecewaan mungkin muncul di benak Anda.

3. Kurang Dukungan

Jika Anda tidak merasa didukung oleh orang yang Anda cintai, itu bisa menjadi alasan kerap tak percaya diri. Bila Anda tidak memiliki orang yang percaya pada Anda atau mendorong Anda, mungkin sulit untuk merasa percaya diri pada diri sendiri dan kemampuan Anda. Memiliki seseorang yang menyemangati Anda dalam semua aspek kehidupan dapat meningkatkan kepercayaan diri dan membuat Anda merasa lebih mampu.

Pilihan Editor: Dibayang-bayangi Nama Besar Orang Tua, Aurel Hermansyah Sempat Tak Percaya Diri

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."