Manfaat Kesehatan Mandi Air Hangat dengan Suhu Ideal, Perbaiki Suasana Hati

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi mandi berendam. Freepik.com/Lifeforstock

Ilustrasi mandi berendam. Freepik.com/Lifeforstock

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaMandi air hangat yang lama dan santai disarankan dokter bisa meredakan stres dan rasa lelah. Menghabiskan waktu bersantai di bak mandi di penghujung hari yang panjang memiliki efek kesehatan mental dan fisik yang positif pada tubuh. Dari membuat tidur yang lebih baik, meredakan otot yang sakit, hingga bahkan memulihkan depresi, jelas bahwa mandi yang menenangkan mungkin memiliki kekuatan lebih dari yang pernah kita pikirkan.

Saat Anda ingin mandi air hangat, Anda mungkin bertanya-tanya berapa suhu bak mandi yang ideal. Beberapa orang lebih suka mandi air panas, sementara yang lain lebih suka mandi air dingin. Apa perbedaannya? Haruskah suhu air mandi untuk kenyamanan, atau apakah ada manfaat khusus untuk mandi air panas di atas air dingin (atau sebaliknya)? 

1. Suhu yang Ideal 

Banyak orang yang menentukan suhu air mandi hanya berdasarkan rasanya. Namun, suhu ideal pemandian air panas berkisar antara 90 derajat hingga 105 derajat Fahrenheit, atau 32 hingga 40 derajat Celcius. Ini sedikit di atas suhu tubuh rata-rata orang. Hindari mandi yang sangat panas sehingga Anda perlu masuk ke dalam air. Waktu mandi harus menjadi pengalaman yang menyenangkan dan nyaman sebab bisa mengurangi stres dan menyebabkan tubuh mengeluarkan lebih banyak kortisol. 

2. Durasi waktu

Tidak ada batasan maksimal jumlah pemandian yang bisa Anda ambil. Dalam satu minggu, Anda mungkin memilih untuk mandi sekali sehari, misalnya. Satu-satunya kelemahan dari mandi yang terlalu sering adalah potensi bikin kulit lebih karena mandi menghilangkan minyak alami kulit. Jika Anda menderita kulit kering, usahakan tidak lebih dari 2-3 kali mandi per minggu.

3. Mandi Air Panas atau Es

Sementara sebagian besar pemandian adalah pemandian air panas standar, pemandian es biasanya digunakan untuk mengobati nyeri otot bagi atlet dan individu yang sangat aktif. Pemandian es membantu pemulihan, dan biasanya hanya bertahan paling lama 5-10 menit. Suhu penangas es tidak boleh lebih rendah dari 53 derajat Fahrenheit, atau 11,6 derajat Celcius. Pemandian es biasanya hanya digunakan untuk manfaat fisik, seperti menurunkan suhu inti tubuh, meredakan nyeri otot, dan mengurangi peradangan. Mereka biasanya tidak digunakan untuk tujuan relaksasi. Sementara berendam air hangat sangat cocok untuk menghilangkan stres dan perbaikin suasana hati setelah hari yang panjang.

4.  Pertimbangan Kesehatan

Ada potensi masalah kesehatan dan peringatan yang perlu dipertimbangkan baik untuk pemandian es maupun pemandian air panas. Mereka yang menderita diabetes Tipe 1 dan Tipe 2 harus berhati-hati dengan mandi es, karena mereka tidak dapat dengan mudah mempertahankan suhu intinya dengan fluktuasi eksternal. Mereka yang memiliki tekanan darah tinggi atau penyakit jantung juga harus memeriksakan diri ke dokter sebelum mandi air es. Kebanyakan orang bisa menikmati pemandian air panas standar, asalkan suhunya nyaman. Namun, ibu hamil harus menghindari air yang sangat panas, begitu pula mereka yang memiliki tekanan darah dan masalah jantung yang tidak terkontrol.

Manfaat Suhu Mandi Ideal

Mandi dengan suhu ideal dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, antara lain:

1. Tidur lebih baik
2. Meningkatkan suasana hati
3. Dekongestan alami
4. Peningkatan energi
5. Pereda nyeri otot

Gabungkan beberapa aksesori yang menyenangkan dan menenangkan yang menyenangkan indera dengan sabun mandi khusus atau garam untuk meningkatkan relaksasi. 

Pilihan Editor: Tak Hanya Bikin Segar, 11 Langkah Mandi Bikin Kulitmu Sehat dan Lembap

MONSURI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."