Mengenal Vampire Facial, Meningkatkan Produksi Kolagen hingga Menyamarkan Bekas Jerawat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada beragam jenis facial, vampire facial salah satunya. Vampire facial merupakan sebutan lain untuk metode perawatan kulit yang menggunakan platelet-rich plasma (PRP). Metode ini melibatkan pengambilan darah dari pasien, memprosesnya untuk mengisolasi plasma, dan kemudian menyuntikkan plasma kembali ke kulit pasien untuk meningkatkan pertumbuhan dan peremajaan sel.

PRP adalah plasma dengan konsentrasi trombosit hingga 4 hingga 5 kali konsentrasi normal dan dibuat dengan menyentrifugasi darah pada RPM tinggi yang memisahkan RBC, yaitu plasma kaya trombosit dan plasma miskin trombosit.

Menurut para ahli kecantikan dan perawatan kulit, plasma kaya trombosit ini kemudian dipisahkan, di mana PRP sangat kaya akan faktor pertumbuhan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Apa saja itu? Dari meningkatkan produksi kolagen, mengurangi risiko penuaan dini seperti menyamarkan kerutan di kulit wajah, dan menyamarkan bekas jerawat serta bekas luka.

Dalam sebuah wawancara dengan HT Lifestyle, Dr Jyotirmay Bharti, Pendiri Square Roots Clinic di Gurugram, India, menjelaskan prosedur PRP, yakni menggunakan faktor pertumbuhan yang ada di dalam plasma untuk menstimulasi produksi kolagen dan elastin, yang dapat memperbaiki tekstur dan warna kulit.

Vampire Facial. sknbarrx.com

Selama prosedur, sejumlah kecil darah diambil dari pasien, dan plasma dipisahkan dari komponen darah lainnya melalui proses yang disebut sentrifugasi. PRP kemudian disuntikkan ke dalam kulit pasien dengan menggunakan micro-needling atau metode lainnya.

Dokter kulit Dr. Anupama Bisaria menjelaskan, darah diambil dari lengan pasien untuk PRP dan krim mati rasa dioleskan pada wajah. Dibutuhkan waktu sekitar 30 hingga 45 menit untuk memproses darah yang diambil.

Kemudian setelah wajah dibersihkan secara menyeluruh, PRP dimasukkan ke dalam kulit dengan bantuan microneedling menggunakan instrumen kecil dan ujung sekali pakai. “Karena mati rasa sebelumnya, prosedur ini sangat nyaman. Setelah prosedur vampire facial, akan timbul kemerahan ringan yang akan hilang dalam 24 jam. Setelah itu, pasien sudah diperbolehkan mengenakan riasan wajah,” jelasnya seperti dilansir Hindustan Times pada Rabu, 1 Maret 2023.

Pilihan Editor: 4 Jenis Facial Ini Aman bagi Ibu Hamil

WIDYA FITRIANINGSIH | HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."