5 Cara Melupakan Kenangan Buruk

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita. Freepik.com/Tirachardz

Ilustrasi wanita. Freepik.com/Tirachardz

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kenangan buruk selalu memiliki cara untuk menemukan jalan kembali ke pikiran sadar kita dan mengambil alih momen kita saat ini terlepas dari berapa pun usianya. Lebih sering daripada tidak, pikiran tersebut hidup dan membuat kita menghidupkan kembali seluruh pengalaman setiap kali kita mengingatnya. Mengapa begitu?

Secara ilmiah, otak cenderung mengingat pengalaman traumatis atau tidak diinginkan lebih baik dibandingkan pengalaman positif. Ini bisa jadi karena emosi negatif seperti ketakutan, rasa malu, rasa bersalah, atau kesedihan yang mungkin kita alami. Otak kita mungkin lebih baik dalam mengingat pengalaman negatif lebih banyak karena itu bagian dari naluri bertahan hidup kita.

Selain itu, sebagai bagian dari mekanisme pertahanan kita, terkadang kita tidak sepenuhnya memproses emosi negatif yang dirasakan selama pengalaman traumatis dan inilah alasan mengapa emosi yang belum terselesaikan itu muncul kembali ke permukaan berkali-kali. 

Berikut lima cara melupakan kenangan buruk di masa lalu yang direkomendasikan dr. Jyoti Kapoor, Psikiater Senior dan Pendiri Manasthali seperti dilansir Hindustan Times, Senin, 27 Februari 2023.

1. Hindari Benda dan Tempat yang Memicu Ingatan

Tidak semua pemicu kenangan buruk dapat sepenuhnya dihindari, tetapi ada beberapa benda dan tempat yang dapat Anda lakukan. Dengan begitu, kenangan buruk itu akan memudar perlahan dan mantap. Fokuskan pada  pemikiran yang lebih penting.

2. Berikan Lebih Banyak Perhatian pada Kenangan yang Lebih Bahagia

Coba pasangkan memori buruk Anda dengan yang baik. Misalnya, jika Anda tidak dapat berhenti memikirkan saat Anda bertengkar dengan orang yang Anda cintai, pasangkan ingatan itu dengan ingatan saat Anda bersenang-senang.

3. Hiduplah di Masa Sekarang

Orang sering membiarkan pikiran mereka melayang selama aktivitas sehari-hari, dan mereka benar-benar mengabaikan apa yang sedang mereka lakukan. Berfokus pada saat ini akan membantu Anda mengurangi perenungan dan merasa lebih positif.

4. Fokus pada Jadwal Anda

Penuhi jadwal Anda sehingga Anda memiliki lebih sedikit waktu untuk memikirkan hal-hal negatif termasuk kenangan buruk. Jika Anda cenderung menghabiskan banyak waktu sendirian, usahakan untuk lebih sering pergi keluar bersama teman, atau lebih sering mengunjungi keluarga.

5. Tingkatkan Ibadah dan Kegiatan Religius

Berdoa dan meminta pertolongan Tuhan untuk menaruh kenangan buruk di tempatnya, dan mintalah kekuatan untuk terus mengingat dan melihat masa depan.

Pilihan Editor: 10 Alasan Sering Marah, dari Stres Berat hingga Kesedihan yang Belum Terselesaikan

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."