Mengenang Atlet Bulu Tangkis Az Zahra Putri Dania

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Az Zahra Putri Dania. Foto: Instagram/@dania_badminton

Az Zahra Putri Dania. Foto: Instagram/@dania_badminton

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kabar duka datang dari dunia bulu tangkis Indonesia. Pebulu tangkis muda, Az Zahra Putri Dania meninggal pada Senin, 27 Februari 2023. Dia wafat di usia 19 tahun karena sakit. Kabar tersebut dibagikan oleh Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) lewat unggahan media sosialnya.

"Keluarga besar PP PBSI mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya salah satu atlet muda Indonesia," tulis PBSI melalui akun media sosialnya.

"Az-Zahra Putri Dania menghembuskan nafas terakhirnya hari ini, 27 Februari 2023 dikarenakan sakit."

Sementara itu, di akun Instagram pribadi Dania sapaan akrabnya, orang tua Dania menyampaikan permohonan maaf atas kesalahan putrinya semasa hidup.

"Bismillahirrahmanirrahim Sy ayahnya Dania Mohon maaf yg sebesar"nya klu ada kesalahan DANIA semasa hidupnya, terima kasih kepada semuanya yg sudah baik sm DANIA," tulisnya di Instagram 11 jam lalu disertai foto ia bersama Dania di lapangan bulu tangkis

Impian dari Kecil

Dalam unggahan Instagram pada Januari 2022 diungkapkan bahwa Dania bermimpi menjadi pebulu tangkis sejak kecil.

"Berawal dri sebuah mimpi untuk menjadi seorang pemain badminton, Az-Zahra kecil mulai berlatih dan berproses hingga sampai d pelatnas perjalanan yg sesungguhnya baru d mulai d pelatnas ini,terima kasih," bunyi keterangan tersebut.

Di keterangan tersebut, dia juga berterima kasih kepada sejumlah pelatih, pendukung, dan teman-temannya termasuk Eng Hian. Terungkap pula keinginannya ingin main bareng dengan peraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020, pasangan ganda putri saat itu Greysia Polii-Apriyani Rahayu.

Kerap Unggah Foto bersama Atlet dan Pelatih

Sejak aktif di Instagram pada Mei 2021, Dania terlihat mengunggah beberapa foto dia bersama atlet bulu tangkis hingga pelatih. Siapa saja mereka? Sebut Greysia Polii, Apriyani Rahayu, Bellaetrix Manuputty, mendiang Markis Kido, Ricky Subagja, Rexy Mainaky, hingga Eng Hian.

Dua Bidadari bagi Dania

Dalam unggahan Instagram pada Januari 2022, Dania mengungkapkan bahwa ibu dan neneknya adalah bidadari-nya dunia. Keduanya selalu setia mendoakan yang terbaik untuk dia.

"Ini bidadari" yg selalu mendoakan siang dan malam selama aq berproses, terima kasih bunda dan nenek yg selalu mendoakan dan mengingatkan aq," tulisnya.

Di unggahan tersebut, Dania juga membagikan foto bersama keduanya sambil mengapit keduanya dengan hangat.

Karier di Bulu Tangkis

Dania bergabung ke pelatnas PBSI di Cipayung pada 2022 setelah menjuarai ajang Seleksi Nasional bersama rekannya Rafli Ramanda di kategori ganda campuran taruna.

Sejak bergabung di Pelatnas Cipayung, Dania mengukir sejumlah prestasi. Dia mencapai final bersama Anisanaya Kamila pada ganda putri Adidas Alpes International U-19 di Prancis pada April 2022.

Pasangan ganda putri tersebut juga melangkah ke babak 16 besar turnamen bulutangkis Daihatsu Indonesia Masters 2022 yang digelar Juni lalu.

Dania juga menjadi bagian tim junior Indonesia yang meraih medali perunggu di Piala Suhandinata 2022 yang berlangsung di Santander, Spanyol, pada Oktober.

Tak Lagi di Pelatnas

Sepanjang 2022, Az Zahra Putri Dania mengikuti delapan seri BWF dan berhasil mengalami kenaikan ranking dunia yang signifikan. Pasangan Rafli/Dania berhasil merangkak dari posisi 700-an pada Mei 2022, masuk ke-200 besar dunia pada November 2022, dan menutup tahun lalu di peringkat ke-176.

Peringkat tertinggi Dania adalah peringkat ke-161 pada akhir Januari 2022. Namun, mendiang tak lagi menempati slot Pelatnas pada tahun 2023. Dia merupakan satu dari 12 nama atlet pelatnas yang terdegradasi.

Pilihan Editor: Legenda Bulu Tangkis Verawaty Fajrin Meninggal, Simak Prestasinya Saat Berkarier

ANTARA | SKOR.ID | INSTAGRAM

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."