Awal Tahun, Produk Kecantikan Hingga Perawatan Diri Sangat Laris di Tokopedia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi belanja online menjelang Imlek/Tokopedia

Ilustrasi belanja online menjelang Imlek/Tokopedia

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan ada beberapa kategori produk yang sangat laris pada awal tahun 2023. “Di awal 2023, Fashion, Kecantikan dan Perawatan Diri, Makanan dan Minuman, Ibu dan Anak, serta Rumah Tangga menjadi beberapa kategori paling laris di Tokopedia,” kata Ekhel dalam keterangan pers yang diterima Cantika pada 21 Februari 2023.

Ada beberapa kampanye yang digelar Tokopedia untuk meladeni animo masyarakat. Beberapa di antaranya adalah kampanye Women in Style, Tokopedia Beauty, Tokopedia NYAM!, Tokopedia Parents dan Home Living SALEbrations. "Sejumlah kampanye ini pun telah terbukti berperan menciptakan tren perilaku konsumen di Tokopedia," kata Ekhel.

Tren dan Produk Terlaris di Tokopedia Awal 2023

Bila dilihat dari kategori fashion wanita, ternyata barang seperti sandal dan tas selempang menjadi salah satu hal yang digemari. “Sandal, tas selempang dan blus menjadi beberapa produk yang paling banyak diburu masyarakat lewat Tokopedia di subkategori Fashion Wanita. Sementara produk fashion Pria terlaris adalah kaos, kemeja dan kaos kaki,” lanjut Ekhel.

Di kategori Produk Kecantikan dan Perawatan Tubuh, produk paling laku antara lain krim dan pembersih wajah, serum wajah dan parfum. Sedangkan di kategori Makanan dan Minuman, keripik, kopi dan buah-buahan menjadi produk yang paling diserbu masyarakat.

Di sisi lain, pada kategori Ibu dan Anak, produk sabun dan sampo bayi, popok sekali pakai, krim dan pelembab bayi merupakan produk terpopuler. Pada kategori Rumah Tangga, masyarakat paling banyak membeli pupuk, benih bibit tanaman serta sprei dan bed cover.

Menurtu Ekhel, selain mengadakan berbagai kampanye, Tokopedia terus mencoba mendekatkan penjual dan pembeli di mana pun mereka berada, melalui beberapa kampanye. "Berkat inisiatif berpendekatan Hyperlocal tersebut, Tokopedia mencatat di awal 2023, pengiriman terjauh terjadi dari Medan ke Jayapura," kata Ekhel.

Inisiatif Hyperlocal juga turut mendorong peningkatan jumlah perempuan pembeli di Tokopedia paling tinggi di beberapa daerah, yaitu Lombok Utara (Nusa Tenggara Timur), Gianyar (Bali) dan Musi Rawas Utara (Sumatra Selatan). Sementara itu, jumlah perempuan penjual di Tokopedia paling banyak meningkat di Manado (Sulawesi Utara), Tasikmalaya (Jawa Barat) dan Tanjung Pinang (Riau).

Melalui kampanye, Tokopedia Affiliate masyarakat dapat kemudahan untuk memperoleh komisi dengan cara merekomendasikan jutaan produk atau toko di Tokopedia melalui media sosial, serta memberikan nilai tambah pada strategi pemasaran para pegiat usaha. “Jumlah pengguna aktif Tokopedia Affiliate pada Januari 2023 naik hampir 6 kali lipat dibandingkan dengan akhir bulan pertama Tokopedia Affiliate diluncurkan. Kategori produk yang paling banyak direkomendasikan lewat Tokopedia Affiliate, yaitu Makanan dan Minuman, Rumah Tangga, Elektronik, Kesehatan serta Olahraga dan Hobi,” kata Ekhel.

Pilihan Editor: Tren Belanja Online Awal Tahun, Set Top Box dan Sunscreen Laku Keras

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."